Sukses

Sekjen Gerindra Bantah Ada Dukungan untuk Prabowo-Gibran di Silatnas Desa

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani membantah adanya dukungan dari perangkat desa kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam acara silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu 2023.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani membantah adanya dukungan dari perangkat desa kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam acara silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu 2023.

Diketahui, Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka kini disoroti saat hadiri acara Silatnas Desa Bersatu 2023 yang dihadiri para perangkat desa di Indonesia.

"Saya datang di situ, jadi saya ingin jelaskan. Jadi itu acara adalah acara silaturahmi mereka untuk menyampaikan unek-unek, maka judulnya kita mendengar, didengerin, namanya mendengar," kata Muzani di Hotel Bidakara usai acara rapat konsolidasi Bappilu Jabar, Jakarta, Senin 20 November 2023.

Dia mengklaim, tidak adanya acara deklarasi atau dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

"Tidak ada deklarasi, tidak ada dukungan, tidak ada harapan, unek-unek supaya desa begono, begini," klaim Muzani.

Sebelumnya, Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menegaskan, Silatnas Desa Bersatu adalah acara penyampaian aspirasi dari organisasi perangkat desa, yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu.

Dalam acara tersebut, kata dia, tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan politik.

"Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami," kata Habiburokhman, dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Habiburokhman menjelaskan, pihaknya merujuk ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Berdasarkan aturan itu, ada larangan keras melibatkan kepala desa dalam kampanye.

Apalagi, kata dia, ada larangan bagi kepala desa untuk membuat kebijakan yang mendukung salah satu paslon.

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujarnya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendengar Aspirasi

Menurut politikus Partai Gerindra ini, pihaknya merasa perlu mendengar langsung aspirasi perangkat desa

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujar habiburokhman menandaskan.

Sebelumnya, Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Muhammad Asri Annas mengatakan Gibran akan menghadiri acara silaturahmi ini.

"Kita akan lihat nanti apa yang akan disampaikan Mas Gibran, mudah-mudahan bapak Prabowo juga hadir," ujarnya.

Sebelumnya, delapan organisasi desa yang bergabung dalam Desa Bersatu untuk Indonesia Maju memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk Pemilu 2024. Dukungan ini diberikan dalam giat silaturahmi nasional (Silatnas) pada Minggu 19 November 2023.

Delapan organisasi tersebut adalah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI), dan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS)

 

 

3 dari 3 halaman

8 Organisasi Desa Dukung Prabowo-Gibran

 

Kemudian, Asosiasi Kepala Desa Indonesia (AKSI), Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia (KOMPAKDESI), dan Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI). Lalu, Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), dan Persatuan Masyarakat Desa Nusantara.

"Ini acara tahunan dan setiap saat buat acara desa, kumpul selalu. Hampir kalau silatnas itu acara tahunan, tetapi kali ini menjelang 2024 kami ingin menjadikan momentum untuk konsilidasi bagi siapa yang benar-benar peduli dengan pembangunan desa," kata Koordinator Nasional APDESI Muhammad Asri Annas di Indonesia Arena GBK, Jakarta Pusat.

Asri Annas mengungkapkan, delapan organisasi desa sempat memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut dua, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Namun, arah dukungan ini berubah karena delapan organisasi desa meyakini Prabowo-Gibran dapat mengakomodir keinginan para aparat desa.

"Awalnya bahkan saya kemarin memberikan support dukungan penuh kepada Anies Baswedan kan. Tapi buat kami, siapa yang kemudian mau benar-benar mengakomodir kepentingan desa, ya buat kita, ada di situ. Dalam pandangan kami, rasanya Bapak Prabowo dan Mas Gibran mengakomodir," ujar Asri Annas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini