Sukses

Soal Susi Pudjiastuti Gabung Timnas AMIN, Anies: Sedang dalam Proses Penuntasan

Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan bicara peluang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi pelatih dalam Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Anies menyebut semua masih dalam tahap proses.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan bicara peluang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi pelatih dalam Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Anies menyebut peluang Susi Pudjiastuti masuk Timnas AMIN dalam tahap proses.

"Ini (pelatih Timnas AMIN) juga begitu, jadi saat ini kita sedang dalam proses untuk penuntasan semua," ujar Anies di Gedung Joeang 45, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Anies mengatakan tim Koalisi Perubahan masih terus menggodok nama-nama pihak yang akan menjadi pelatih Timnas AMIN. Nantinya, kata Anies, jika semua sudah dirampungkan maka akan diumumkan ke publik.

"Begitu semua tuntas, nanti disampaikan," kata Anies.

Anies Baswedan menyatakan dirinya tidak pernah mengumbar sesuatu yang belum dirampungkan. Hal itu selalu dia jalani sejak menjadi gubernur DKI Jakarta.

"Ini, yang pada pernah sama saya di Jakarta pasti hafal. Selalu saya ini semuanya kalau sudah sampai, beres, baru saya umumkan. Semua beres baru umumkan," kata Anies.

"Saya enggak pernah menyampaikan sesuatu yang belum terlaksana. Selalu, sudah terlaksana sampaikan, tuntas sampaikan, tuntas sampaikan," ujar Anies.

Susi Pudjiastuti Sahabat Anies Baswedan

Sebelumnya, Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal berharap Susi Pudjiastuti dapat bergabung mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam pilpres 2024. Lantaran, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut juga merupakan sahabat dari Anies Baswedan.

"Ya, salah satu yang akan mungkin kami berharap bisa bergabung. Karena beliau sosok yang punya banyak pengaruh, di Jawa Barat khususnya," kata Iqbal di Gedung Joeng 45 Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/10/2023).

"Terus juga sahabat Pak Anies," sambung dia.

Iqbal pun mengatakan, nama-nama tim pemenangan capres dan cawapres Anies-Muhaimin masih terus dalam pembahasan.

"Ya, saat ini masing-masing sudah mengajukan nama, kita sedang membahas. Di pimpinan hari ini juga sudah membahas," ucap Iqbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies-Muhaimin Cari Figur Terbaik untuk Masuk Tim Pemenangan

Tak hanya itu, mereka juga sedang mencarikan figur terbaik untuk menjadi tim pemenangan dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Tetapi perlu sabar karena kita sedang mencarikan figur terbaik. Jadi sudah ada nama-namanya," ujar Iqbal.

Iqbal menyampaikan, tim pemenangan akan diisi tokoh dari berbagai latar belakang. Ada perwakilan purnawirawan, perwakilan ulama, perwakilan partai politik, dan perwakilan relawan.

"Posisinya para tokoh-tokoh ya. Termasuk perwakilan purnawirawan, perwakilan ulama, perwakilan partai politik, dan juga perwakilan relawan" kata Iqbal.

"Semuanya akan dalam satu tim yang solid," pungkas Iqbal.

3 dari 4 halaman

Target Anies-Muhaimin Masuk Putaran Kedua

Calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menargetkan melaju ke putaran kedua di pilpres 2024.

"Target kita sederhana, masuk putaran kedua dan itu targetnya sederhana," kata Anies Baswedan saat berpidato dalam deklarasi Garda Matahari di Gedung Juang, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Anies pun meminta bantuan Garda Matahari untuk membantu pemenangan di Jawa Barat, Jakarta dan Banten. Ia juga meminta Garda Matahari untuk memperluas jangkauannya ke daerah lain.

"Bila Jakarta, Jawa Barat, Banten kita solid. Ini kan jangkauannya banyak di sini nih. Solid, insyallah, maka insyallah kita bisa berangkat menuju putaran kedua. Insyaallah," kata Anies.

Anies mengatakan hal ini bukan untuk memenangkan pilpres, tetapi memenangkan gerakan perubahan.

"Dan kita sampaikan bahwa dengan masa itu insyaallah nanti momentum akan terbangun dan yang ingin kita sampaikan kepada semua ini bukan memenangkan Anies dan Muhaimin. Ini bukan memenangkan partai koalisi. Ini adalah memenangkan gerakan perubahan untuk mengembalikan marwah dalam berkehidupan kebangsaan," kata Anies.

"Mengembalikan marwah dalam kehidupan bernegara, mengembalikan kehidupan keluarga dalam suasana normal di mana kebutuhan pokok terkendali harganya, di mana lapangan pekerjaan tersedia dengan lebih mudah, di mana pendidikan tersedia secara setara untuk semua," ujar Anies.

 

4 dari 4 halaman

Cak Imin Ajak Rakyat Kawal Pilpres 2024 dari Kecurangan

Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengajak seluruh rakyat untuk mengawal kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 agar berjalan jujur dan adil.

Cak Imin pun mengibaratkan pilpres 2024 ini layaknya pertandingan sepak bola yang harus berjalan sportif.

"Kepada seluruh masyarakat, rakyat, bangsa Indonesia, lihatlah pemilu ini ibarat seperti kompetisi pertandingan sepak bola. Kita ingin menyaksikan tim masing-masing capres dan cawapres bermain secara sportif dan bermain secara terbuka," ujar Cak Imin di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

Cak Imin menyatakan, rakyat Indonesia harus menikmati pemilu 2024 dengan riang gembira, bersifat kebersamaan, serta kekeluargaan dalam berkompetisi.

"Tetap berkeluarga dan bersaudara, amin. Kita semua yakin kalau kita melihat pemilu seperti sepak bola, maka rakyat punya kesempatan untuk menyaksikan dengan bahagia," kata Cak Imin.

"Kalau ada pemain yang bersifat curang tolong diteriaki supaya tidak curang," tegas Cak Imin.

Cak Imin juga mengajak rakyat untuk melaporkan jika kecurangan atau penyelenggara dan peserta yang berbuat curang.

"Kalau ada wasit merangkap pemain, kita foto dan kita sebarluaskan. Kalau ada wasit yang curang kita laporkan kepada FIFA sebagai lembaga tertinggi. Kalau ada pemain yang nakal dan nekling lawan, foto dan viralkan ke seluruh penjuru. Itulah pemilu yang saling menjaga," ujar Cak Imin.

Pemilu 2024, menurutnya, adalah pertaruhan bagi bangsa Indonesia. Jika dapat berjalan baik, legitimate hingga objektif, maka bangsa akan tetap bersatu, kuat, dan berhasil membangun.

"Kalau pemilu ini berjalan dengan jujur, adil, insyaallah pembangunan akan lancar selancar-lancarnya. Ke Mamuju jangan lupa pakai sepatu, kalau ingin maju pilihlah nomor satu," ucap Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.