Sukses

Prabowo Subianto Ungkap Susun Masterplan Bersama Tim Presiden Jokowi

Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto mengaku telah menyusun roadmap sekaligus masterplan untuk menuju kebangkitan bangsa Indonesia bersama tim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto mengaku telah menyusun roadmap sekaligus masterplan untuk menuju kebangkitan bangsa Indonesia. Hal ini disusun Prabowo Subianto bersama dengan tim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saudara-saudara sekalian, saudara mendukung saya sebagai calon presiden. Saya bersama tim, bersama tim Bapak Joko Widodo (Jokowi), bersama tim dari koalisi yang besar, kita sudah menyusun suatu cetak biru," kata Prabowo di Millenium Hotel Sirih Jakarta, Sabtu 4 November 2023.

"Suatu roadmap, suatu masterplan, yang menurut saya ini adalah jalan menuju kebangkitan bangsa Indonesia," lanjut dia.

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengaku optimistis dapat menyelesaikan masalah-masalah besar Bangsa Indonesia. Salah satunya kurang gizi dan stunting.

"Kita akan hilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia, kita akan hilangkan kurang gizi dari bumi Indonesia. Tidak boleh ada ibu dan anak Indonesia yang kurang gizi," ujar Prabowo.

"Tidak boleh ada stunting di Indonesia, dan itu akan mampu kita laksanakan. Kita akan perbaiki yang harus diperbaiki," lanjut dia.

Visi Prabowo-Gibran

Pada draf visi-misi, Prabowo-Gibran menyinggung prinsip ekonomi Pancasila. Dalam ekonomi Pancasila mengambil dari esensi terbaik dari ekonomi kapitalisme dan ekonomi sosialisme.

"Paham ekonomi yang membuka lebar kesempatan berinovasi dengan kebebasan pasar, tetapi juga memperhatikan dan menjamin jaring pengaman sosial (social safety net) untuk masyarakat yang paling lemah,” dikutip dari draf visi-misi Prabowo-Gibran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045

"Dengan persatuan, kesatuan, dan kebersamaan kita bisa berhasil sebagai negara dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas, maka visi Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Gibran adalah: Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045," ditulis dalam draft. 

Setiap kata dalam visi Prabowo-Gibran mengandung makna masing-masing. Bersama, Prabowo dan Gibran mengajak putra putri terbaik bangsa dari semua latar belakang yang memiliki kesamaan tekad untuk bekerja sama. 

Indonesia Maju, Membangun bangsa dengan dasar fondasi kuat yang dibangun oleh kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Menuju, Dengan tujuan yang jelas, yaitu Indonesia emas, Negara yang setara dengan negara maju di tahun 2045 atau lebih cepat.

3 dari 3 halaman

8 Misi Prabowo-Gibran (Asta Cita)

Selain itu, visi juga tidak terlepas dari misi Prabowo-Gibran dalam mewujudkan visi yang digaungkan berkaitan dengan delapan misi yang disebut asta cita.

Berikut delapan misi Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024:

  1. Memperkokoh ideologi, Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).
  2. Memantapkan sistem, pertahanan keamanan, negara dan mendorong, kemandirian bangsa, melalui swasembada, pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi, hijau, dan ekonomi biru.
  3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.
  4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
  5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
  6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.
  7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.
  8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini