Sukses

Prabowo Dikabarkan Pernah Kena Stroke 2 Kali, Ini Kata RSPAD Gatot Subroto

Kepala RSPAD Gatot Subroto Budi Sulistya, sempat ditanyai ihwal kabar yang menyebut bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto sempat mengalami stroke dua kali.

Liputan6.com, Jakarta RSPAD Gatot Subroto telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (27/10/2023). Hasilnya, semua paslon di Pemilu 2024 dinyatakan tim dokter RSPAD Gatot Subroto, mampu dan bebas narkoba.

Pada kesempatan ini, Kepala RSPAD Gatot Subroto Budi Sulistya, sempat ditanyai ihwal kabar yang menyebut bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto sempat mengalami stroke dua kali. Mengenai hal tersebut, dia tak berkomentar.

"Saya tidak bisa menyampaikannya disini tp jelas tim pemeriksa melakukan pemeriksaan dengan sangat baik dan ya itu tadi, lebih percaya fakta dari pada hoaks," kata Budi dalam konferensi pers di KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Menurut Budi, pihaknya tak dalam konteks membahas hal tersebut. Dia lebih mempercayai rangkaian hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan RSPAD.

"Saya lebih percaya pada hasil pemeriksaan tim dokter kami, tim yang kami bentuk dan jangan sampai termakan oleh hoaks," kata Budi.

Sayangnya, Budi tidak mau menjelaskan indikator khusus RSPAD Gatot Subroto mengenai hasil pemeriksaan kesehatan bacapres dan bacawapres dikatakan mampu atau tidak mampu.

"Iya (ada indikator), jadi artinya kita harus bicara fakta jangan bicara hoaks," ucap Budi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Partai Gerindra Budi Satrio Djiwandono membantah kabar yang menyebutkan Prabowo Subianto pernah terkena penyakit stroke hingga dua kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bugar

Diketahui, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

"Tidak betul, tidak betul, sangat tidak betul (kabar bahwa Pak Prabowo kena stroke 2 kali)," tegas Budi kepada wartawan di RSPAD Jakarta.

Budi mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo-Gibran yang dijalani sejak pukul 07.00 WIB di RSPAD.

"Seperti kita ketahui, Pak Prabowo dari pagi bersama Mas Gibran juga menjalankan tes kesehatan. Dimulai jam 7, sekarang juga masih berlangsung. Alhamdulillah berjalan dengan lancar, keduanya sangat sehat, sangat fit," kata Budi.

Untuk kondisi Ketua Umum Partai Gerindra itu disebutnya sangat bugar. Hal ini karena Prabowo biasa melakukan aktivitas olahraga dalam kesehariannya.

"Olahraga berenang. Setiap hari juga minum cengkeh, minum teh, kunyit dan sampai sekarang tes masih berjalan. Kalau tidak salah lagi menjalankan tes wawancara dan sudah dilaksanakan kegiatan ambil darah," kata Budi.

"Tadi malam kalau tidak salah juga biasa saja 12 jam puasa untuk tes kesehatan, dan nanti dilanjutkan insyaallah bakal selesai jam 4 sore," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Rajin Jaga Kesehatan

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo adalah orang yang memperhatikan kesehatan.

"Beliau orang yang sangat rajin dalam menjaga kesehatan, misalnya rajin berenang hampir setiap hari. Kemudian beliau selalu mengonsumsi herbal seperti bawang putih, jamu-jamuan, kunyit, bahkan beliau rajin meminum teh cengkeh," tutur Muzani di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/10/2023).

"Beliau sangat rajin mengonsumsi ramuan tradisional yang merupakan peninggalan orang tua kita," tutur Muzani.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang ikut mengawal tes kesehatan itu mengaku optimis, Prabowo bisa lulus dari tes karena kebugaran fisiknya ditunjang dari aktivitas olahraga rutin dan konsumsi produk herbal. Sebab, kata Muzani, Prabowo adalah orang yang memperhatikan kesehatan.

"Beliau orang yang sangat rajin dalam menjaga kesehatan, misalnya rajin berenang hampir setiap hari. Kemudian beliau selalu mengonsumsi herbal seperti bawang putih, jamu-jamuan, kunyit, bahkan beliau rajin meminum teh cengkeh," tutur Muzani di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/10/2023).

"Beliau sangat rajin mengonsumsi ramuan tradisional yang merupakan peninggalan orang tua kita," tutur Muzani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.