Sukses

Gibran Jadi Bakal Cawapres Dianggap Inspirasi Anak Muda, Golkar: Mari Kita Lupakan Sebagai Putra Presiden

Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Idrus Marham menilai, diusungnya Gibran oleh partainya menjadi bakal cawapres karena untuk menjadi inspirasi anak-anak muda.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah dipilih sebagai bakal calon wakil (cawapres) oleh bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto untuk mendampinginya pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Prabowo pada Minggu malam 22 Oktober 2023 di rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Idrus Marham menilai, diusungnya Gibran oleh partainya menjadi bakal cawapres karena untuk menjadi inspirasi anak-anak muda.

"Golkar sekali lagi ingin mencalonkan Mas Gibran untuk inspirasi anak muda. Nanti bagaimana responsnya? Nah, ini pertahuran Golkar di sini. Semakin banyak merespons, kita tunjukkan bukti-buktinya," ujar Idrus kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

"Dan dengan demikian, kami berkeyakinan mereka-mereka ini akan menjadi pemilih Golkar. Perolehan suara Pileg partai golkar akan semakin meningkat, sehingga posisi masih di dua besar ke depan," sambungnya.

Oleh karena itu, Idrus ingin agar masyarakat bisa melupakan Gibran Rakabuming Raka sebagai anak dari seorang Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun merupakan generasi muda yang tampil dengan segala resiko.

"Mari kita lupakan Mas Gibran anak presiden. Kita kedepankan Mas Gibran bisa menjadi generasi muda yang tampil dengan segala resiko ingin menginspirasi lahirnya pemimpin-pemimpin muda dan tentu berproses, paling tidak sekarang," ucap dia.

"Kita ingin ke depan, siapa pun di antara kita anak muda yang memiliki keberanian, bukan anak presiden, melainkan kita semua bisa. Dan itu harus diproses, tidak ada yang lahir begitu saja," jelas Idrus.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber : Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Subianto Resmi Tunjuk Gibran Rakabuming Raka Sebagai Cawapresnya

Sebelumnya, Bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto mengumumkan sendiri bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya sebagai di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Prabowo menyebut, nama Gibran Rakabuming Raka yang akan menjadi calon wakil presiden dari dirinya. Keputusan tersebut telah disepakati secara aklamasi oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu 22 Oktober 2023.

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum KIM. Menurut dia, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi.

"Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju," tegas Prabowo.

Pantauan di Rumah Kertanegara Jakarta, pukul 19.34 WIB, seluruh ketua umum dari KIM sudah tiba. Diawali oleh Prabowo pada pukul 16.00 WIB, kemudian dilanjutkan oleh para ketua umum partai politik KIM lain, seperti Anis Matta dari Partai Gelora, Yusril Ihza Mahendra dari Partai Bulan Bintang (PBB), Ahmad Ridha Sabana dari Partai Garuda dan perwakilan dari Partai Prima.

Kemudian hadir juga Airlangga dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat.

 

3 dari 4 halaman

Prabowo-Gibran Daftarkan Diri ke KPU 25 Oktober sebagai Capres-Cawapres

Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan langsung, sosok yang akan mendampingi dirinya di pemilu presiden 2024 adalah Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu 22 Oktober 2023.

Prabowo Subianto juga memastikan, dirinya dan Gibran akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi pada 25 Oktober 2023, yang mana menjadi hari terakhir masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilu 2024.

"Ya, pada Rabu 25 Oktober kita akan daftar ke KPU," ucap Prabowo.

Sebagai informasi, pengumuman nama Gibran Rakabuming Raka disampaikan usai seluruh ketua umum Koalisi Indonesia Maju berkumpul di Rumah Kertanegara Jakarta. Mereka tiba sekira pukul 19.30 WIB dan melangsungkan rapat internal selama hampir 30 menit.

Usai rapat, Prabowo dan seluruh ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Maju berkumpul dan mengumumkan nama Gibran sebagai cawapres.

 

4 dari 4 halaman

Prabowo Ungkap Alasan Gibran Tidak Hadir saat Deklarasi Cawapres

Bakal calon presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden pada pilpres 2024.

Hal ini disampaikan oleh Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Saat deklarasi, turut dihadiri oleh semua ketua umum hingga sekjen partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Namun, putra sulung Presiden Jokowi itu tidak hadir dalam deklarasi. Meski pagi tadi Gibran Rakabuming Raka sempat melakukan kunjungan ke Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Prabowo mengungkapkan alasan calon pasangannya itu tidak hadir dalam deklarasi malam ini.

"Ada rapat kalau enggak salah, (bahas) APBD. Kalau enggak salah, iya," kata Prabowo kepada wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.