Sukses

Ganjar Pranowo: Tarik Investor Harus Basmi Pungli dan Jamin Penindakan Hukum

Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo berkomitmen akan meningkatkan investasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo berkomitmen akan meningkatkan investasi di Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber di acara tahunan US-Indonesia Investment Summit ke-11 – yang diselenggarakan oleh AmCham Indonesia dan US Chamber of Commerce di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Menurut Ganjar, ke depan Indonesia harus l meningkatkan pelayanan investasi yang mudah, mudah dan cepat, juga harus didukung dengan kepastian hukum dan penindakan hukum.

"Di dunia industri, kalau kita sebut adalah ekonomi baru. Maka mesti lebih efisien dapat dilakukan kalau investor masuk tidak terlalu sulit, pungli harus dibasmi, mudah, cepat dan kepastian dan penindakan hukumnya ada," ujar Ganjar dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

Efisiensi tersebut, lanjut mantan Gubernur Jawa Tengah itu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya dengan memanfaatkan sistem digitalisasi.

"Dalam sistem pemerintahan dan sebenarnya sudah punya namanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan kami pernah praktikkan itu bisa efesien," imbuhnya.

Sedangkan kepastian dan dan tindakan hukum harus disertai dengan regulasi yang jelas, tepat dan tegas.

"Harus ada regulasi yang menangani soal investasi. Sehingga ada kepastian hukum dan jelas tindakannya," terangnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Pengalaman

Ganjar mengaku memiliki pengalaman ketika menangani keluhan investor saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hanya dalam waktu sekitar satu jam persoalan yang dikeluhkan investor tersebut sudah bisa diselesaikan.

"Saya pernah melakukan itu. Ada investor yang mengeluh kepada kami soal lamanya mengurus izin. Akhirnya saya telepon, waktu itu saya masih menjabat Gubernur di Jawa Tengah," ujar Ganjar.

“Hanya selang satu jam, persoalan yang dikeluhkan oleh investor dapat diselesaikan. Setelah satu jam, semua selesai dan berkasnya beres," kisahnya.

 

3 dari 3 halaman

Pajak Harus Dikelola dengan Baik

Selain itu, Ganjar menyebut income dari pajak harus dikelola dengan baik.

Mulai dari sosialisasi, kemudahan, hingga perlunya dashboard khusus dari pendapatan negara.

"Ini sesuatu yang menurut saya menjadi perhatian bersama. Dan tidak boleh menakutkan bagi wajib pajak. Kalau bayar pajak kadang-kadang sulit dan takut. Dan semuanya menjadi rumit. Kenapa tidak kita permudah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • ganjar

Video Terkini