Sukses

Pengamat Nilai Prabowo Subianto Paling Rasional Jadi Presiden Indonesia, Karena Apa?

Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai tetap menarasikan keberlanjutan pembangunan Kabinet Indonesia Maju (KIM) meski telah didukung oleh Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai tetap menarasikan keberlanjutan pembangunan Kabinet Indonesia Maju (KIM) meski telah didukung oleh Partai Demokrat.

Hal ini dikarenakan Prabowo Subianto tetap menjaga komitmennya untuk melanjutkan legasi dari pemerintahan saat ini.

Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan menilai, langkah Prabowo ke depannya tidak akan pernah berubah siapa pun yang memberikan dukungan.

"Karena memang sejak awal dideklarasikan oleh Gerindra, Prabowo sudah mengusung gagasan untuk melanjutkan pemerintahan saat ini," ujar Rafif melalui keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Dia mengatakan, hal tersebut dianggap sebagai pilihan yang paling rasional bagi Prabowo karena posisinya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) menjadikan satu-satunya bakal capres yang mampu memenuhi harapan masyarakat soal keberlanjutan.

"Mau tidak mau pilihan paling rasional Pak Prabowo adalah melanjutkan narasi nasional tersebut," kata Rafif.

Dia menilai, dukungan masyarakat terhadap Prabowo ditentukan dari sebesar apa komitmennya untuk melanjutkan pembangunan pemerintahan saat ini.

Sehingga, kata Rafif, hal itu jelas menakar seberapa kuat komitmen Prabowo meski telah didukung Partai Demokrat yang notabene partai pengusung perubahan.

"Karena bagaimanapun juga suara pendukung pro-pemerintah sangat ditentukan dengan komitmen Prabowo dalam melanjutkan pembangunan atau tidak," papar dia.

Rafif juga melihat, komitmen Prabowo untuk melanjutkan pembangunan juga sudah sangat terlihat dan terbukti dengan adanya Koalisi Indonesia Maju (KIM). Meski ada Demokrat, menurut dia, hal itu tidak mengubah komitmen Prabowo untuk terus melanjutkan pembangunan.

"Lagian juga nama koalisi juga semakin mempertegas arah dan tujuan Prabowo," jelas Rafif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demokrat Resmi Deklarasi Dukung Prabowo Calon Presiden di Pemilu 2024

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai presiden untuk Pemilu 2024.

Menurut AHY, dukungan tersebut disampaikan usai Partai Demokrat menyelesaikan rapat pimpinan nasional (Rapminas).

"Saya optimis, mengapa karena Pak Prabowo mengatakan konstanta dalam kehidupan sejatinya adalah perubahan itu sendiri demikian harapan yang kami titipkan kepada Pak Prabowo,” kata AHY dihadapan ribuan kader Partai Demokrat di JCC, Jakarta, Kamis 21 September 2023.

AHY percaya dengan dukungan yang diberikan Partai Demokrat kepada Prabowo maka kesinambungan dan perubahan menuju Indonesia maju di masa depan bisa diwujudkan bersama.

"Oleh karena itu malam hari ini, Kamis tanggal 21 September 2023 pada rapat pimpinan nasional Partai Demokrat bertempat di Jakarta Convention Center saya Agus Harimurti Ketua Umum Partai Demokrat secara resmi dan terbuka mendeklarasikan Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam pemilu 2024," tegas AHY.

 

3 dari 3 halaman

Resmi Didukung Demokrat, Prabowo: Saya Terharu dan Bangga

Partai Demokrat resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024. Deklarasi ini digelar di Gedung JCC, Jakarta, Kamis 21 September 2023.

Mendapat dukungan dari Demokrat, Prabowo Subianto menyatakan menerima amanah tersebut. Dia merasa terharu atas dukungan yang diberikan.

"Atas dukungan dan keputusan mengusung saya, saya sampaikan di sini rasa haru saya, campur rasa bangga saya," kata Prabowo di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 21 September 2023.

Prabowo menegaskan, dirinya siap dan menerima dukungan tersebut. Dia memastikan akan mengemban tugas itu dengan sebaik-baiknya.

"Saya terima tugas ini dan akan saya kerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab bersama seluruh jiwa raga saya untuk Ibu Pertiwi," tegas Prabowo.

Prabowo mengatakan, dukungan melalui deklarasi Partai Demokrat malam ini adalah sebuah amanah yang dipercayakan kepadanya. Dia memastikan dukungan tersebut adalah harapan untuk Indonesia yang lebih baik.

"Dukungan tersebut bagi saya adalah suatu wujud kepercayaan dan harapan yang diletakan di atas pundak saya bersama dengan partai partai lain yang sudah mengusung saya, terima kasih!," Prabowo menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.