Sukses

Sekjen PDIP: Kondisi Ganjar Dikeroyok, tapi Soliditas Rakyat Muncul

Hasto menjabarkan, hasil analisis internal PDIP setelah adanya perubahan konstelasi politik malah memunculkan keinginan rakyat menjadikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya melakukan analisis setelah adanya perubahan konstelasi politik usai Golkar dan PAN mendukung Bakal Capres 2024 Prabowo Subianto.

Diketahui, Golkar dan PAN masuk barisan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) untuk mendukung Prabowo sebagai Bacapres.

Hasto menjabarkan, hasil analisis internal PDIP setelah adanya perubahan konstelasi politik malah memunculkan keinginan rakyat menjadikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

"Ketika terjadi perubahan konstelasi setelah Golkar, PKB, dan PAN itu gabung, dari Arus Bawah, (pilihannya tetap) Ganjar presidenku, apapun parpol yang dipilih rakyat," kata Hasto, saat diwawancarai di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Menurut Hasto, situasi di rakyat menghasilkan energi positif bagi PDIP untuk memenangkan Ganjar saat Pilpres 2024 meski Gubernur Jawa Tengah itu tidak didukung banyak partai.

"Ini menjadi energi positif kami melangkah dengan percaya diri, karena sebelumnya memang dengan kondisi Pak Ganjar dikeroyok ini, justru munculkan suatu solidaritas rakyat bantu Pak Ganjar," ujarnya.

Hasto sendiri mengatakan PDIP akan bekerja keras menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

"Pak Ganjar ini kami perjuangkan menjadi Presiden RI, apa pun partai politiknya," tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergerak Turun ke Bawah

Lebih lanjut, dia mengatakan PDIP terus bergerak turun ke bawah menemui rakyat demi menyukseskan pemenangan Ganjar.

Hasto bahkan mengatakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terus menjalin komunikasi ke beberapa partai demi memuluskan upaya menjadikan Ganjar sebagai Presiden RI.

"PDIP dengan calon Pak Ganjar terus bergerak. Kenapa Mbak Puan tetap melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain? Karena pemimpin pada akhirnya akan ditentukan dari karakternya. Apakah karakternya baik, moralitas pemimpinnya bagaiamana, kejujurannya bagaimana, kemampuan teknokratiknya bagaimana, visinya itu yang harus dilihat dalam pemilu," papar Hasto.

Selain itu, Hasto mengungkapkan, DPP PDIP terus mengevaluasi beberapa langkah yang sudah dilakukan demi menyukseskan Ganjar sebagai Presiden RI agar sesuai dengan dinamika politik terkini.

Untuk saat ini, kata Hasto, DPP PDIP memakai strategi menunjukkan karakter kepemimpinan dan keberhasilan Ganjar.

"Evaluasinya kemudian ada melihat suatu konstelasi secara dinamis, bagaiamana dinamika politik ikut mendorong strategi. Strategi pemenangan Pak Ganjar itu dimulai dari karakter kepemimpinan Pak Ganjar dan juga dari keberhasilan Pak Ganjar dan misi masa depan," imbuh dia.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.