Sukses

Alasan Anang Hermansyah Kembali ke Dunia Politik: Aku Galau, Ingin Bangun Pariwisata Ekonomi Kreatif

Anang Hermansyah mengungkapkan alasannya kini kembali ke dunia politik dan maju sebagai bakal caleg. Ada hal yang ingin dia perjuangkan khususnya terkait masa depan industri kreatif di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Musisi Anang Hermansyah kembali terjun ke dunia politik. Kali ini, suami dari Ashanty itu bergabung dengan PDI Perjuangan (PDIP) dan akan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Bogor.

Anang Hermansyah memang pernah terpilih sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pemilu legislatif 2014-2019. Namun, ketika masa jabatannya habis, ia tak lagi maju sebagai anggota dewan.

Anang mengungkapkan alasannya kini kembali ke dunia politik dan maju sebagai bakal caleg. Ada hal yang ingin dia perjuangkan khususnya terkait masa depan industri kreatif di Indonesia.

"Aku galau, aku punya profesi, aku sekarang YouTuber, aku di kreatif industri, aku ada di musik. Kalau kita baca data, dari Kemenparekraf, itu datanya musik masih 0,4 persen terhadap GDP," kata Anang saat dihubungi di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Selain itu, ia juga ingin memperjuangkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Baginya, anggaran yang ada saat ini untuk membangun wisata ekonomi kreatif belum memadai.

"Anggarannya cuma Rp3 triliun sekian, apakah cukup membangun pariwisata ekonomi kreatif. Ini kan galau aku. Sementara aku nomenkelaturnya di ekonomi kreatif, profesiku ada di situ. Aku yang berikhtiar untuk sumbangsih pikiran. Bagaimana pengawasan nanti di politik anggaran dan politik legislasi dan pengawasan pemerintah," ungkap Anang.

Sebelumnya, pada Pemilu Legislatif 2014, Anang maju sebagai calon legislatif DPR dapil Jawa Timur IV dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ia pun lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 53.559 suara dan duduk di Komisi X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anang Hermansyah Merapat ke PDIP, Maju Jadi Bakal Caleg di Kabupaten Bogor

Musisi Anang Hermansyah mengaku, sudah bergabung menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP). Ia pun akan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat V.

"Iya benar, aku di PDIP sekarang. Insha Allah (maju caleg) Dapil Kabupaten Bogor, Jawa Barat V" kata Anang saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Anang menjelaskan, alasan kembali maju sebagai bakal caleg lewat PDIP. Menurutnya, PDIP merupakan partai yang memiliki manajemen organisasi yang baik dan mampu mengawasi serta mendukung para kader-kadernya berjuang untuk kepentingan rakyat.

"Nah ini yang aku jatuh cinta dari dulu, karena aku juga dekat dengan teman-teman dari PDIP," ucap Anang.

Selain itu, alasan Anang maju sebagai PDIP yaitu adanya sosok Ganjar Pranowo. Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang tepat untuk menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Yang kedua, jatuh cintanya aku ya Mas Ganjar. Mas Ganjar memang sosok yang buat aku, dia lah postur yang aku butuhkan untuk jadi the next president," ucap Anang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini