Sukses

PDIP Ajak PKB Selingkuh

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Cucun Ahmad Syamsurijal menitipkan pesan kepada Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto untuk disampaikan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta PDI Pejuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka komunikasi politik melalui pertemuan kedua pimpinan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Usai pertemuan itu, Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menitipkan pesan kepada Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto untuk disampaikan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengakui pihaknya terus mengupayakan kerja sama politik dengan PKB untuk pemilu 2024. Uluran tangan PDIP terbuka kepada PKB untuk bersama-sama mendukung bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo.

"Jadi bukan hanya keinginan dari PKB, dari PDIP aktif mengulurkan tangannya untuk bekerja sama dengan PKB," ujar Hasto di kantor Rumah Aspirasi, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Namun, PDIP memahami posisi politik PKB yang sudah membangun kerja sama dengan Partai Gerindra. Hasto menyatakan PDIP tidak ingin memecah belah PKB dengan Gerindra.

"Kita juga hormati mengingat PKB sebelumnya sudah membangun kerja sama dengan Partai Gerindra. Karena kepemimpinan Pak Ganjar itu sama dengan kepemimpinan Pak Jokowi, menyatukan, bukan kepemimpinan yang membelah," jelas Hasto.

Meski demikian, kata Hasto, kerja sama PDIP dan PKB sudah punya modal dasar kedekatan sejak lama. PDIP dan PKB bekerja sama mengusung Joko Widodo sejak pemilu 2024.

Menurut Hasto, PKB juga memiliki kesamaan pandangan untuk meneruskan pembangunan era Presiden Joko Widodo.

"Kerja sama sama PKB kan sudah berlangsung cukup lama, bukan hal yang baru. Kita merasakan bagaimana semangat juang sejak tahun 2014 bahu-membahu di dalam memenangkan Pak Jokowi, dan itu sudah menjadi hubungan yang sifatnya substansial," ujar Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elite PDIP dan PKB Bertemu Bahas Capres dan Pemilu 2024

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengungkap ada pertemuan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal dengan Fraksi PDI Perjuangan. Pembicaraan seputar rencana kerja sama di pemilu 2024 dan capres dan cawapres yang akan diusung.

"Nah, itu kita ngobrol kemarin di sana, bagaimana kerja sama ke depannya. Apakah di situ capres cawapres dibicarakan? Ya dibicarakan," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Pesan PKB itu akan disampaikan langsung kepada Megawati. Bambang mengungkap, pesan sudah disampaikan kepada Megawati melalui Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto.

"Yang disampaikan oleh kawan-kawan PKB ini harus sampai ke Bu Ketum yang disampaikan pagi ini. Siapa yang menyampaikan? Ketua Fraksi Utut Adianto. Understand? Apa Pak Pacul? Nanti tanya Pak Utut sana," ucap Bambang Pacul.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.