Sukses

Saat Dua Anak Jokowi Kasih Kode Dukungan ke Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mulai gamang, usai kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep mulai tunjukkan dukungannya ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mulai gamang, usai kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep mulai tunjukkan dukungannya ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) di Pemilu 2024.

Meski sempat diyakini publik 'endorse' capres dari Jokowi akan jatuh ke Ganjar Pranowo karena bernaung di partai yang sama, PDI Perjuangan, namun tidak adanya nama yang disebut saat agenda Musyawarah Rakyat (Musra) di Senayan Jakarta beberapa waktu lalu menjadi tanda tanya, apakah Jokowi masih berhitung siapakah sosok yang akan dipilih sebagai suksesi kepemimpinannya selama dua periode.

"Ojo kesusu (jangan terburu)," pesan Jokowi kepada para relawannya di puncak acara Musra, Minggu 14 Mei 2023.

Menilai hal itu, Analis Politik Arifki Chaniago mengatakan Jokowi seolah gamang. Sebagai petugas partai, Jokowi seharusnya bisa saja langsung memberikan dukungan kepada Ganjar sebab bernaung di payung yang sama. Namun Jokowi sepertinya kembali berhitung apakah Ganjar menjadi nama yang tepat atau justru malah ke Prabowo.

"Saya membaca, ketika posisi Jokowi masih dalam bagian pendukung Ganjar, tentu dukungan sebagai King Maker pasca Pilpres tidak sekuat hari ini. Tentu dia sedang memikirkan langkah tepat pasca 2024," kata Arifki saat dihubungi Liputan6.com, Senin (22/5/2023).

Kedekatan Jokowi terhadap Ganjar dan Prabowo sukar untuk ditampik. Sebab dalam beberapa kesempatan, Jokowi tampak mengajak keduanya turut serta dalam kegiatannya sebagai kepala negara.

Menurut Arifki, bisa jadi gamangnya Jokowi terhadap keduanya justru dapat dibaca dari kedua anaknya, Gibran dan Kaesang. Secara visual, keduanya belakangan tampak merapat untuk mendukung Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaesang Gunakan Kaus Bergambar Prabowo

Diketahui, belum lama ini Kaesang secara bangga menggunakan kaos bergambar Prabowo. Hal ini memantik asumsi publik sebab sang menteri pertahanan adalah salah satu capres untuk 2024.

Selanjutnya Gibran, melalui jaringan relawannya secara nyata menegaskan mendukung Prabowo saat berkunjung. Kaesang menampik apa yang disampaikan relawan mewakili dirinya.

"Ini juga menarik, apakah kode yang diberikan Gibran saat bertemu Prabowo di Solo, lalu relawan Gibran yang mendukung Prabowo di Solo ini menunjukkan keberpihakan Gibran tapi menggunakan tangan relawan," urai Arifki.

"Saya melihat ini adalah sinyal," imbuh Arifki.

Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini meyakini, Jokowi bukanlah bagian strategis dalam penentuan pencapresan Ganjar di 2024. Sebagai seorang petugas partai, daya tawar yang ingin dilihat Jokowi soal Ganjar bukan manuver yang dimainkan sebagai King Maker, tapi lebih kepada upaya PDIP sebagai pemegang tiket pencapresan.

"Ada narasi berbeda dari keluarga Jokowi, sehingga dukungan beralih ke Prabowo. Makanya wajar, dukungan yang diberikan Gibran dan Kaesang dapat memperhitungkan siapa yang dapat meng-endorse keluarga Jokowi kedepan," Arifki menutup.

3 dari 4 halaman

Gibran Dipanggil DPP PDIP Akibat Dukungan Relawan

Sebagai informasi, DPP PDIP bakal memanggil putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Senin (22/5/2023) hari ini.

Pemanggilan tersebut diduga terkait dengan deklarasi yang dilakukan relawan Jokowi-Gibran yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Angkringan Omah Semar pada Jumat 19 Mei 2023.

Gibran menduga, pemanggilan yang dilakukan kepada dirinya terkait keputusan para relawannya yang mendukung capres Prabowo.

"Mungkin terkait itu (pertemuan relawan Jokowi-Gibran dengan Prabowo)," katanya singkat saat ditemui di Benteng Vasternburg, Solo, Sabtu 20 Mei 2023.

Suami Selvi Ananda itu mengaku pemanggilan tersebut telah diterima dirinya pada Sabtu pagi. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto sendiri yang menghubungi Gibran untuk menghadap ke DPP PDIP pada Senin (22/5/2023).

"Dipanggil hari Senin pagi. Pagi tadi telah dihubungi Pak Sekjen," ucap dia.

Gibran menyatakan, dia siap untuk menghadapi pemanggilan yang dilakukan DPP PDIP. Tak hanya itu, ia juga siap menerima sanksi jika ternyata pihak DPP PDIP menilai tindakannya salah.

"Ya siap, saya terima sanksi, teguran, hukuman. Siap kami terima nggih," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Dukungan Relawan Gibran ke Prabowo

Sebanyak 15 kelompok relawan Jokowi-Gibran telah mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai capres. Menurut Gibran, sebagian besar relawan yang hadir dalam deklarasi tersebut merupakan kader Partai Gerindra.

Sementara itu terkait keberadaan dirinya dalam pertemuan itu hanya bertugas menjemput dan menemani Prabowo yang kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan.

"Ya sebagian besar itu kan kader Gerindra dan lain-lain. kalau fungsi saya di situ menjemput beliau sebagai menteri ya, gitu nggih. Kalau urusan pencapresan saya nggak ikut-ikut kemarin nggih," kata Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.