Sukses

Puan Maharani hingga Yasonna Laoly Kembali Nyaleg di Pemilu 2024

Nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly masuk daftar caleg DPR yang didaftarkan PDIP di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mendaftarkan bakal caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini. Nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, masuk daftar caleg DPR yang didaftarkan PDIP di Pemilu 2024.

"Dari Menteri Kabinet Indonesia Maju, yang berasal dari PDI Perjuangan yang dicalonkan adalah Bapak Yasonna Laoly," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedung KPU RI, Kamis (11/5/2023).

Menurut Hasto, kinerja Puan yang baik membuat Ketua DPR tersebut kembali dicalonkan sebagai caleg 2024.

"Beliau adalah Ketua DPR RI perempuan pertama, sosok yang telah melalui penugasan secara berjenjang. Dan beliau menjadi Ketua DPP Bidang Politik, Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya berhasil sebagai Menko PMK termuda, dan juga ketua DPR RI perempuan pertama. Sehingga atas fungsi-fungsinya yang sangat baik tersebut, maka Mbak Puan juga dicalonkan," katanya.

Sementara menteri dari PDIP yang lain menurut Hasto tidak nyaleg dan akan fokus membantu Presiden Jokowi.

Selain itu, ada sejumlah tokoh dan 14 artis yang mendaftar di antaranya Rano Karno, Kris Dayanti, Denny Cagur, Lucky Perdana, hingga Once Mekel.

"Dari kalangan budayawan, seniman dan artis selain figure incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Kris Dayanti, Harvey Malaihollo, Junico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Yok Koeswoyo, mengingat Koes Plus itu kan spirit nasionalisme patriotismenya luar biasa, Andre Hehanusa, Lucky Perdana," ujarnya.

Ada pula pakar-pakar hukum yang turut bergabung dengan menjadi caleg PDIP, salah satunya pengacara Rony Talapessy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasto Pimpin PDIP Daftar ke KPU, Krisdayanti hingga Happy Djarot Ikut Parade Kebudayaan

DPP PDI Perjuangan mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis (11/5/2023). Pendaftaran Bakal Caleg ini juga diiringi dengan parade kebudayaan yang digelar dari Kantor PDIP, hingga ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta. 

Pantauan Liputan6.com, iring-iringan parade kebudayaan dipimpin oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yang membawa lampang Pancasila, mengawali barisan panjang kader dan simpatisan PDIP. 

Di bagian tengah barisan, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjadi pimpinan rombongan arak-arakan. Dia menaiki sebuah andong bersama dengan Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, pada Selasa (11/5/2023) pagi.

Rombongan arak-arakan budaya itu DPP menuju KPU untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP untuk Pemilu 2024.

Parade kebudayaan PDIP ini diikuti dengan defile kebudayaan. Ada Tim Bhineka Tunggal Ika yang memakai baju adat. Ada pakaian adat Betawi, Jawa, Batak, dan lain-lain.  Tampak istri mantan Gubernur DKI Jakarta, Happy Djarot Saiful Hidayat hingga hingga Krisdayanti.

Meski ada defile kebudayaan dari PDIP ini, lalu lintas di sepanjang Jalan Diponegoro dan sekitarnya hingga Jalan Imam Bonjol, terpantau tertib dan tidak terjadi kemacetan. Sejumlah petugas Kepolisian dibantu Satgas PDIP turut mengatur lalu lintas selama defile berlangsung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.