Sukses

PPP Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres, Airlangga: KIB Tidak Bubar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah isu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar, usai PPP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah isu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar, usai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

Terlebih, kata dia, KIB yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan PPP akan menggelar pertemuan pada Kamis malam (27/4/2023).

"Karena nanti ketemu, maka (KIB) tidak bubar," kata Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Dia menyebut Plt Ketum PPP Mardiono akan hadir dalam pertemuan tersebut. Selain itu, Ketum PAN Zulkifli Hasan juga ikut dalam pertemuan yang digelar di kediaman Airlangga ini.

"Ikut ikut (PPP). Pak Mardiono hadir," ucap dia.

Airlangga menyampaikan, Partai Golkar telah memutuskan sosok yang akan diusung pada Pilpres 2024, melalui musyawarah nasional (Munas). Adapun Munas Golkar menetapkan Airlangga untuk maju sebagai calon presiden.

"PPP kan baru memutuskan (capres). Kalau Golkar sudah lama melalui munas," tutur Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PPP Usung Ganjar Jadi Capres 2024, Ketum PAN: Partai Masing-Masing Independen

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menghormati keputusan PPP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Menurut dia, setiap partai memiliki hak menentukan sikap.

Adapun PAN bersama PPP dan Partai Golkar telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam rangka Pilpres 2014. Namun, PPP telah mengambil sikap sendiri mendukung Ganjar Pranowo menjadi capres 2024.

"Tentu apapun keputusan partai kita hormati. Kan partai itu masing-masing independen," kata pria yang kerap disapa Zulhas ini kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Menurut dia, PAN belum menentukan siapa sosok yang akan didukung sebagai capres 2024. Zulhas mengatakan hal tersebut akan dibahas bersama anggota KIB dalam pertemuan Kamis malam nanti.

"Ya ketemu-ketemu dulu, nanti kan dengan KIB," ujarnya.

Zulhas tak berbicara banyak terkait nasib KIB usai PPP mengusung Ganjar sebagai capres 2024. Dia menuturkan para ketum parpol di KIB yakni, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketum PPP Mardiono, akan bertemu terlebih dahulu nanti malam.

"Nanti kan kita ketemu, ya oke ya," ucap Zulhas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.