Sukses

TKN Klaim Khofifah, Gus Ipul dan Soekarwo Bersatu Dukung Jokowi

Dukungan tiga tokoh, yakini Khofifah, Gus Ipul dan Soekarwo dapat menjadi amunisi kuat kemenangan di Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko mengklaim, tiga tokoh yang pernah bertarung di tiga gelaran Pilkada Jawa Timur, yaitu Khofifah Indar Parawansa, Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) satu suara mendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin di Pilpres, April 2019 mendatang. 

Moledoko mengatakan, dukungan terhadap Jokowi menjadi amunisi besar bagi pasangan capres cawapres nomor 01 di Jatim. "Saya pikir indikatornya sudah jelas," ucapnya, Sabtu, 9 Maret 2019.

Moeldoko yakin, Gus Ipul, yang pada 2014 lalu mendukung Prabowo Subianto, kini merapat ke petahana dan sudah melakukan komunikasi. "Jadi figur-figur itu (Soekarwo, Gus Ipul, dan Khofifah) memberikan indikator yang sangat jelas ke mana suara akan disampaikan," tegas dia.

Dengan bersatunya ketiga tokoh ini, Moeldoko yakin Jokowi-Ma'ruf bakal memperoleh kemenangan signifikan di Jawa Timur saat Pilpres 17 April mendatang, khususnya dari Soekarwo, yang dua periode menjadi Gubernur Jawa Timur.

"Pasti (perolehan suaranya) signifikan, sangat signifikan ya," kata dia

Sementara itu, mantan pendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jawa Timur 2018, KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan (Gus Fahrur) saat menggelar konferensi pers terkait Seruan Alim Ulama dan Pengasuh Pondok Pesantren untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf, serta memerangi hoaks dan ujaran kebencian.

Seruan untuk mendukung Paslon 01 ini digelar Gus Fahrur bersama beberapa kiai se-Jawa Timur usai acara Silaturahmi Ulama NU se-Jawa Timur bubar.

"Sudah fixed, beliau berdua, mantan gubernur dan wakil gubernur (Soekarwo-Gus Ipul) mendukung 01," ucap Gus Fahrur memastikan dukungan Gus Ipul ke Jokowi-Ma'ruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seteru 3 Pilkada

Seperti diketahui, di dua edisi Pilgub Jawa Timur, yaitu 2008 dan 2013, pasangan Soekarwo-Gus Ipul berhasil menyingkirkan Khofifah. Kemudian di 2018, Ketum PP Muslimat NU itu kembali maju bersama Emil Elestianto Dardak. Kali ini hanya melawan Gus Ipul.

Di edisi 2018 ini, hubungan Soekarwo-Gus Ipul sempat tegang, karena Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) yang notabenenya ketua DPD Demokrat Jawa Timur mendukung Khofifah-Emil. Namun, hubungan Khofifah dan Gus Ipul akhirnya mencair menjelang pelantikan Khofifah-Emil sebagai gubernur dan wakil gubernur.

Bahkan, Gus Ipul sempat bersilaturahmi ke kediaman Khofifah. Selanjutnya, bersama-sama mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Termasuk Soekarwo meski partainya mendukung Paslon 02, Prabowo-Sandiaga. 

 

Reporter: Moch. Andriansyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.