Sukses

Ikhlas Membina Usaha Perikanan Skala Kecil

Adi Nugroho, Juara III Penghargaan Adibakti Mina Bahari 2015.

Liputan6.com, Jakarta Selain menjadi konsultan keuangan mitra bank, Adi Nugroho juga seorang penyuluh di sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Jawa Tengah. Karena kesehariannya bersama para nelayan, pembudidaya, dan pengusaha pengolahan ikan skala kecil, Adi mengenal banyak dan memahami situasi dan kondisi, berikut kesulitan yang mereka hadapi.

Kiprah Adi sebagai konsultan untuk pembiayaan kredit ini dilandasi keprihatinannya kepada pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal usaha. Kemudian Adi membantu untuk membuat proposal, melakukan pendampingan mulai dari proses pengajuan hingga pencairan pinjaman di bank.

“Saya ingin para UMKM perikanan bisa usaha dengan layak dan menghasilkan. Di samping itu, juga untuk menggiring mereka agar terus semangat, dan yang terpenting mereka bisa maju dan berkembang dalam menjalankan usahanya,” ujarnya.

Kendati tidak mendapatkan apa-apa, tapi Adi mengaku ikhlas membantu UMKM agar bisa mendapatkan pinjaman pembiayaan dari bank. Dia paham betul, pelaku usaha tidak mudah mendapatkan pinjaman modal dari bank. Selain karena mereka adalah pengusaha skala kecil yang memang tidak mempunyai agunan, juga karena omset mereka kecil sehingga khawatir jika bermaksud meminjam uang dari bank.

Namun, dengan kesabaran Adi membimbing dan membantu mereka, pada akhirnya UMKM tersebut mau mengakses permodalan ke perbankan, dan alhamdulillah usahanya sudah banyak yang jauh lebih maju. “Meski banyak program pembiayaan dari pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau bentuk program lain yang bunganya tidak besar, tapi para UMKM kita takut untuk mengajukan pembiayaan. Makanya saya berikan pemahaman dan memotivasi mereka untuk mengajukan pinjaman. Dan alhamdullilah mereka mau, dan usaha mereka bisa lebih baik sekarang,” paparnya.

Hingga saat ini, Adi mempunyai 21 kelompok UMKM binaan dengan nilai transaksi Rp 4.236.000.000 (empat miliar dua ratus tiga puluh enam juta rupiah). Adi berharap di tahun 2016 kelompok UMKM binaannya bisa bertambah hingga mencapai 50 kelompok. Karena bagi Adi semakin banyak kelompok yang masuk dan dibina, maka akan membantu usaha UMKM bisa lebih berkembang sehingga mampu memajukan perekonomian daerahnya.

Usaha keras Adi tersebut kini mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Adi berhasil menyandang predikat Juara III Penghargaan Adibakti Mina Bahari 2015 untuk Kategori Konsultan Kuangan Mitra Bank Sektor Kelautan dan PerikananTeladan.

Adi mendedikasikan penghargaan ini kepada para pengusaha UMKM yang sudah bekerjasama dalam merealisakan program KUR dari pemerintah yang telah dijalankan selama ini. Berkat prestasinya pula, tak heran, Adi diminta oleh Bank Indonesia (BI) untuk membantu dalam menyalurkan program pembiayaan pemerintah seperti kredit UMKM, KUR, hingga kredit komersil.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini