Sukses

Gampang Banget, Begini Cara Cek Tarif Tol di Google Maps

Google Maps kini memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk mengetahui estimasi biaya tol saat merencanakan perjalanan. Fitur ini tersedia di perangkat Android dan iOS di berbagai negara termasuk Indonesia, Amerika Serikat, dan India.

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps telah menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui estimasi biaya tol yang harus dikeluarkan saat berkendara melewati jalan tol, guna mencapai tujuan mereka.

Google sebenarnya telah menampilkan informasi tarif tol sejak 2022 lalu. Hal ini dilakukan Google untuk membantu pengguna membuat pilihan antara jalan tol atau biasa dengan lebih mudah.

Dengan begitu mengetahui tarif tol yang akan dilewati, pengguna Google tidak perlu menerka-nerka atau Googling berapa tarif yang harus mereka bayar kalau mau bepergian via jalan bebas hambatan. 

Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Google Maps di perangkat Android maupun iOS. Menurut Google, fitur ini sudah tersedia di hampir dua ribu jalan tol di Amerika Serikat, India, dan Indonesia. Bahkan, Google menjanjikan fitur ini digulirkan di lebih banyak negara, jadi ada lebih banyak pengendara yang dimudahkan. 

Kalau kamu mau bepergian menggunakan jalan tol, termasuk untuk liburan di akhir pekan ini dengan rute jalan tol, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

  1. Buka Aplikasi Google Maps di smartphone Android atau iOS kamu
  2. Masuklah ke aplikasi Google Maps dan ketik lokasi tujuanmu.
  3. Pilih Rute dan Opsi Transportasi, pilihannya rute dan opsi transportasi yaitu mobil, atau pilih opsi rute melalui jalan tol.
  4. Lihat tarif jalan tol, kamu akan menemukan opsi untuk menggunakan jalan tol beserta tarifnya.
  5. Ikon Estimasi Tarif, akan muncul ikon angka 1 dalam lingkaran di samping waktu dan jarak tempuh ke tujuan.
  6. Estimasi Tarif Tol: Saat ikon tersebut dibuka, kamu akan menemukan estimasi tarif tol yang harus dibayarkan.

Perlu dicatat bahwa pengguna juga harus memperhatikan informasi lainnya, seperti izin akses tol yang menggunakan sistem ganjil-genap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Faktor

Google telah memperhitungkan beberapa faktor dalam fitur ini, seperti izin akses tol, hari dalam sepekan, dan biaya tol yang diperkirakan pada waktu tertentu saat pengguna melewatinya.

Pengemudi akan memiliki opsi dalam pengaturan untuk menampilkan harga tol dengan atau tanpa kartu tol—seperti di banyak wilayah, harga berubah berdasarkan metode pembayaran yang kamu gunakan, tulis Google.

Selain itu, pengguna masih bisa memilih opsi untuk menghindari rute melalui jalan tol dengan memilih Avoid tolls dalam pengaturan.

Fitur memunculkan tarif tol di Google Maps pertama kali diungkap oleh Google pada bulan April 2022 lalu. Saat itu, Google mengumumkan bahwa fitur ini akan tersedia di Android dan iOS, untuk hampir dua ribu jalan tol di Amerika Serikat, India, Jepang, dan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Dukungan Peta Lebih Rinci

Menurut perusahaan, pengguna akan melihat perkiraan harga tol ke tujuan sebelum memulai navigasi, berkat informasi yang terpercaya dari otoritas tol setempat.

Google juga mempertimbangkan faktor lain seperti biaya penggunaan tiket atau metode pembayaran, hari, serta perkiraan biaya tol pada waktu tertentu saat pengguna akan melewatinya.

Melalui pengumuman itu, Google juga mengungkapkan peta yang lebih rinci sehingga pengguna dapat menavigasi jalan yang baru dengan lebih mudah.

Pengendara pun bisa melihat lampu lalu lintas dan rambu berhenti di sepanjang rute mereka, bersama dengan detail yang disempurnakan seperti garis bangunan dan area yang diminati, tulis Google.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.