Sukses

Presiden Jokowi Teken MoU Kerja Sama Kendaraan Listrik Indonesia-Australia

Jokowi mengatakan ada empat poin utama untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Australia

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungannya ke Australia, Presiden Joko Widodo sekaligus melangsungkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC). Kegiatan kedua pemimpin negara ini, dalam rangka meningkatkan hubungan diplomatik yang terlah berlangsung selama 75 tahun.

Dari hasil pertemuan tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi ini, menggarisbawahi komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama strategis di kawasan Indo-Pasifik.

"Australia adalah mitra strategis Indonesia dan ASEAN di kawasan Indo-Pasifik, kawasan tempat kita berbagi masa depan serta tanggung jawab bersama menjaga stabilitas," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (6/3/2024).

Jokowi mengatakan ada empat poin utama untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Australia. Pertama, menyambut baik perkembangan kerja sama kedua negara, termasuk penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kolaborasi Kendaraan Listrik.

"Saya harap MoU dapat segera diimplementasikan melalui pembentukan joint steering committee dan penyusunan work plan. Khusus terkait nikel saya mendorong kedua negara dapat lebih mengedepankan kolaborasi daripada berkompetisi," ungkap Jokowi.

Seerti diketahui, Indonesia dan Australia merupakan dua negara penghasil nikel besar di dunia. Bahan baku tersebut, saat ini masih digunakan untuk membuat baterai kendaraan listrik.

Sementara itu, Australia memiliki 24 persen cadangan litium dunia (urutan kedua setelah Chili). Australia bahkan menyumbang 43 persen dari ekstraksi litium global pada 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Naik Mobil Listrik Saat Lawatan ke Australia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah berada di Melbourne, Australia guna menghadiri Konfrensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN-Australia. Melihat dari tayangan kanal Youtube Sekretarian Presiden, kedatangan Jokowi pada Senin (4/3/2024) pukul 20.45 waktu setempat disambut hangat oleh sejumlah pejabat tinggi Australia.

“Tampak menyambut kedatangan Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat adalah Asisten Menteri untuk Perdana Menteri Australia Patrick Gorman, Duta Besar Republik Indonesia di Canbera Siswo Pramono, dan Atase Pertahanan RI di Canbera Laksma TNI Yusliandi Ginting,” tulis keterangan dari kanal Youtube tersebut, seperti dikutip Selasa (5/3/2024).

Ada yang menarik dalam penyambutan ini, mengingat komitmen kedua negara terkait penjajakan di bidang energi hijau, Jokowi pun dijemput dengan sebuah mobil listrik BMW type iX.

Mobil itu disematkan pelat nomor khas KTT ASEAN-Australia dengan nomor 031 dan berbendera merah putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.