Sukses

Hajatan Warga Menutup Akses Jalan, Ambulans Dipaksa untuk Lewat Jalur Lain

Mobil ambulans bertugas untuk mengangkut dan memberikan pertolongan medis darurat kepada orang yang sakit atau terluka. Kendaraan ini biasanya dilengkapi dengan peralatan medis penting seperti brankar, peralatan resusitasi, obat-obatan, dan alat bantu lainnya untuk memberikan perawatan darurat di tempat kejadian ataupun selama perjalanan menuju rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil ambulans bertugas untuk mengangkut dan memberikan pertolongan medis darurat kepada orang yang sakit atau terluka. Mobil ini biasanya dilengkapi dengan peralatan medis penting seperti brankar, peralatan resusitasi, obat-obatan, dan alat bantu lainnya untuk memberikan perawatan darurat di tempat kejadian ataupun selama perjalanan menuju rumah sakit.

Saat dalam keadaan darurat, mobil ambulans akan melaju dengan kencang dan pengguna jalan lainnya wajib untuk memberikan jalan kepada ambulans.

Tapi nyatanya tak semuanya begitu, sebab ada hajatan warga yang mengadang ambulans. Dilarang melintas dan tak mau memberi jalan sedikit pun.

Akun TikTok @elisabethdeboraa menjukkan momen seperti ini lewat video yang diunggah pada Selasa (5/12/2023).

Saat itu mobil ambulans sedang menju ke rumah warga, di mana ada pasien yang perlu segera mendapatkan perawatan. Pasien pun saat itu sudah kehilangan kesadaran. Apesnya akses utama menuju ke rumah pasien terhalang hajatan warga. Karena itulah tim dari ambulans turun untuk melakukan negosiasi.

Kondisi jalan ditutup oleh hajatan tersebut, telah dipasang 10 hingga 15 kursi. Menurut pemilik akun sendiri kursi-kursi itu bisa digeser, turut didukung oleh Ketua RW.Tapi sayang pihak keluarga menolak permintaan itu. Ambulans pun diminta untuk melintasi jalur lainnya.

Bahkan oleh pria berbaju serba hitam, warga yang memprotes acara hajatan turut dimarahi. Acara benar-benar tak bisa diganggu meskipun ada pasien darurat.

"Ini lagi acara ibu, kalau maksain saya nggak bisa ya," kata pria perwakilan dari keluarga pemilik hajatan."Gak gitu, rute untuk ambulans kan biasanya bisa kecuali jalur kreta pak saya tidk bisa lalui juga," jelas pemilik akun.Karena negosiasi buntu akhirnya pemilik akun kembali ke ambulans untuk mencari jalan lain.

Tapi saat itu benar-benar tidak ada jalur lain yang bisa dilewati, pasalnya bodi ambulans yang besar tak bisa melintasinya. Jalan besar yang cukup untuk dilalui dipakai untuk hajatan tadi.

Akhirnya pemilik akun dan timnya menjemput pasien dengan berjalan kaki sambil mendorong tempat tidur. "Alhasil kita dorong dan nyebrang jalanan utama, terima kasih respectnya para pengguna jalan," tulisnya.

Akhirnya pemilik akun dan tim berhasil membawa pasien ke rumah sakit."Puji tuhan sudah kita tanganin dan sudah sampai di RS rujukan di RSUD dan masuk zona merah," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Netizen

Video ini pun menuai beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dengan acara hajatan warga tersebut.

  • "yang punya hajat belom pernah ngerasain naek mobil ambulance," tulis fahminajihun60
  • "percayalah yg punya acara gaakan dapet berkah dari acara yg dia gelar, tapi secara ngak langsung dia juga sudah men dzolimi pengguna jalan yg lain," jelas Uhinghboyxxx
  • "Sebab akibat itu nyata. Suatu saat akan menerima akibat dari mempersulit pasien tersebut 😌 padahal simpel tinggal geser tapi dipersulit, luar biasa," komentar refian

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.