Sukses

Merasakan Kesibukan di Paddock Aprilia Racing Team MotoGP Mandalika 2023

Paddock menjadi tempat yang cukup sakral bagi semua tim balap yang berlaga di MotoGP Mandalika 2023

Liputan6.com, Jakarta - Paddock menjadi tempat yang cukup sakral bagi semua tim balap yang berlaga di MotoGP Mandalika 2023. Tak sembarang orang bisa lalu lalang di tempat tersebut, terlebih saat sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan.

Tak terkecuali untuk paddock milik Aprilia Racing Team, di mana para teknisi dan juga dua pembalap andalan pabrikan asal Italia, yaitu Maverick Vinales dan Aleix Espargaro meracik tunggangan andalan, RS-GP dan juga strategi untuk menghadapi balapan paling bergengsi di dunia tersebut.

Beruntung, Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk melihat paddock Aprilia Racing Team, atas undangan Piaggio Indonesia (PID), agen pemegang merek (APM) yang menaungi Aprilia di Tanah Air.

Memasuki paddock dari sisi belakang, rombongan sudah takjub dengan partisi atau pembatas di paddock Aprilia Racing Team ini yang sudah menggunakan carbon fiber. Kemudian, terlihat box-box yang berisi berbagai peralatan dari komponen motor balap Aprilia.

Masuk ke ruang tengah, terdapat empat Aprilia RS-GP milik Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Setiap motor pembalap, dikerjakan oleh lima mekanik, dan setiap tim berbeda baik untuk Vinales dan juga Aleix.

"Untuk membangun paddock Aprilia Racing Team hanya membutuhkan waktu selama empat jam. Ada 1 crew chief, yang komunikjasi dengan pembalap," jelas Dario Raimondi, Aprilia Racing Sports manager, saat menemani rombongan melihat paddock Aprilia Racing Team.

Kemudian, terdapat juga ruang khusus untuk pembalap, yang ditemani oleh crew chief dan juga yang bertugas untuk mengolah data untuk kebutuhan sang pembalap dan sepeda motornya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suasa paddock

Lalu, masuk ke bagian belakang paddock, juga terdapat ruang untuk penyimpanan ban, dan alat untuk memanaskan ban yang akan digunakan untuk balapan. Untuk ruangan suspensi jadi satu, baik untuk Vinales dan juga Aleix.

Kemudian, di bagian paling belakang, terdapat ruangan untuk melakukan modifikasi part untuk motor balap yang akan digunakan.

"Motor balap untuk Aleix dan Vinales juga berbeda, dan disesuaikan dengan postur pembalap. Komponen, seperti fairing juga terbuat dari fairing, dan semua dibuat prototipe, jadi harganya tidak diketahui," pungkas Dario.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Pembalap MotoGP 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.