Sukses

Toyota Rangga Concept Jadi Inspirasi dan Wajah Kendaraan Niaga Serbaguna Masa Depan

Toyota memperkenalkan Rangga Concept sebagai calon kendaraan komersial Toyota yang mengusung DNA Kijang Pick Up.

Liputan6.com, Jakarta Modifikasi mobil semakin marak di kalangan pecinta otomotif. Dari mobil model lama hingga model terbaru tak luput dari sentuhan modifikasi. Bukan hanya sisi eksterior saja, tapi juga sudah total sampai interiornya.

Menariknya, arah modifikasi sekarang bukan lagi sekadar show off dengan visual yang ekstrem, melainkan sudah lebih ke fungsionalitas sehingga bisa mendukung urusan perniagaan. Seperti Toyota Rangga Concept yang digagas oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota Rangga Concept pertama kali melakoni debut dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. TAM memperkenalkan Rangga Concept sebagai calon kendaraan komersial Toyota yang mengusung DNA Kijang Pick Up.

Toyota menampilkan Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charge Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car sebagai contoh konversi dari Rangga Concept.

Seperti diketahui, Kijak Pick Up merupakan pelopor kendaraan niaga sejak tahun 70an yang dikenal akan ketangguhan dan keandalannya di berbagai medan. Mobil tersebut mampu memberikan solusi mobilitas yang ekonomis dan sesuai kebutuhan para pelaku usaha. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi dari Bahasa Jawa

Nama Rangga yang terinspirasi dari bahasa Jawa “Ronggo” yang melambangkan Ksatria, Pahlawan atau Hero. Dalam sejarahnya, nama Rangga dipercaya kuat dan tangguh. Melalui arti nama Rangga yang tercipta dari kedua silsilah tersebut, Toyota berharap mobil konsep ini dapat menjadi pahlawan bagi para pelaku usaha di Indonesia karena dapat membantu banyak orang dengan memberikan berbagai solusi tepat guna yang dapat diandalkan dan berkelanjutan.

Selain itu, Rangga Concept diharapkan dapat menggerakkan industri otomotif seperti halnya Kijang Pick Up dahulu yang menggandeng para karoseri lokal atau body builder untuk melakukan konversi Kijang Pick Up.

Dengan semangat Continuous Improvement, TAM kembali memajang berbagai konversi dari Toyota Rangga Concept dalam event Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023 yang berlangsung pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) lalu.

Toyota menghadirkan Rangga Concept Mobile Café untuk menginspirasi konsumen bahwa mobil ini bisa mendukung mobilitas berbagai usaha yang semakin beragam.

Kemunculan Rangga Concept semakin memperkuat gambaran sebuah kendaraan niaga serbaguna masa depan yang dapat dikonversi dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Terpenting lagi, bermanfaat untuk mendukung mobilitas berbagai usaha yang semakin beragam, dengan racikan desain yang dapat di-custom sesuai trend dan lifestyle masa kini.

"Semoga kehadiran Rangga Concept dapat menginspirasi para modifikator lokal untuk mengembangkannya ke berbagai bentuk kendaraan serbaguna yang dapat memajukan perekonomian Indonesia,” ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

3 dari 3 halaman

Ciptakan Efek Berantai, Toyota Gandeng Bodybuilder Lokal

Toyota bersama dengan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) mengadakan Design Modification Contest Rangga Concept (DigiModz) dengan tema "Public Service x Business x Lifestyle" dan menawarkan total hadiah Rp100 juta rupiah.

Lomba desain virtual ini, mengajak masyarakat luas untuk memberikan berbagai ide konversi desain mobil serbaguna berbasis Rangga Concept yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, bahkan menciptakan peluang usaha baru bersama Rangga Concept.

Partisipasi masyarakat umum terbilang luar biasa dan patut dibanggakan. Ide desain yang ditampilkan juga terbilang menarik dan aplikatif sebagai penunjang aktivitas bisnis dan layanan masyarakat. Seperti ide membuat showroom sepeda motor berjalan, kendaraan pengangkut ayam, atau mobile barbershop.

Ada pula ide kendaraan toilet untuk difabel, pemadam kebakaran, dan mobil kebersihan lingkungan. Untuk lifestyle, ditampilkan ide kendaraan pendukung hobi bersepeda atau kendaraan piknik keluarga.

"Melalui design contest bersama dengan NMAA, Toyota berharap tidak hanya menyediakan ajang kreatifitas, tetapi lebih dari itu. Mewujudkan ide-ide menarik dari bagaimana sebuah mobilitas dapat ditingkatkan dan memberikan nilai lebih tidak hanya pada pengguna atau pemilik nya, tetapi lebih besar ke society,” ujar Anton.

Sebagai Mobility Company, Toyota berorientasi pada Multi-Solution for All yang dilengkapi dengan ekosistem mobilitas, termasuk menyediakan paket-paket finansial bersama Toyota Value Chain yang menguntungkan pelanggan, layanan purna jual sesuai kebutuhan customer, pilihan parts yang lengkap, serta jaringan Toyota yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai Toyota Rangga Concept Digimodz serta paparan ide dan visual desain peserta yang lolos ke babak 15 besar dapat dipelajari lewat www.ranggaconceptdigimodz.com.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini