Sukses

Suzuki Pasok Komponen untuk Merek Sepeda Motor Lokal Malaysia

Malaysia kembali memperkenalkan merek sepeda motor lokal terbarunya, AFAZ. Suzuki ternyata memiliki peran di balik hadirnya motor buatan AFAZ

Liputan6.com, Jakarta - Malaysia kembali memperkenalkan merek sepeda motor lokal terbarunya, AFAZ. Pabrikan Negeri Jiran ini akan melakukan perakitan berbagai produknya dengan suplai komponen original equipment manufacturer (OEM) dari Suzuki, mulai dari mesin hingga sebagian part lainnya.

Kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan, KMSB Motors yang merupakan perusahaan kelompok dari AFY Mobility Industries, sebagai perusahaan pemegang saham tunggal Suzuki di Malaysia dengan Suzuki Motor Corporation (SMC), Jepang.

Seremonial tanda kerja sama ini, dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia, YAB Dato' Seri Anwar Ibrahim, dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI), Datuk Seri Isham Ishak dan Chief Executive Officer Otoritas Pengembangan Investasi Malaysia ( MIDA), Datuk Wira Arham Abdul Rahman.

Hasil dari kerja sama ini, membuat Suzuki bakal memasok mesin dan komponen bodi untuk AFAZ. Jantung penggerak yang digunakan, adalah 110 cc hingga 150 cc.

"Selain penjualan sepeda motor, Suzuki ingin berkontribusi terhadap perluasan dan kemakmuran pasar dan industri sepeda motor Malaysia melalui penyediaan suku cadang ke KMSB," tutur Suzuki President Toshihiro Suzuki, dalam keterangan resmi, ditulis Jumat (22/9/2023).

Sementara itu, inisiatif ini merupakan langkah signifikan dalam mendorong industri roda dua di Malaysia, yang kini memiliki penjualan hingga 718 ribu unit pada 2022.

Secara langsung, inisiatif ini akan berkontribusi kepada peningkatan keahlian manufaktur lokal, meningkatkan rantai pasokan vendor, merangsang pertumbuhan tenaga kerja, mengembangkan program industri dan teknologi berbasis keterampilan yang tentunya akan berdampak besar bagi Malaysia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersaing di ASEAN

Sebagai informasi, AFAZ sendiri merupakan merek yang diperkenalkan oleh KMSB, dan akan memimpin inovasi dan desain dalam industri sepeda motor dengan keahlian, penelitian, pengembangan, komersialisasi & inovasi (RDCI) lokalnya sendiri.

Dengan fokus yang jelas kepada kualitas, performa, dan inovasi, AFAZ bertujuan untuk menjadikan sepeda motornya tidak hanya sebagai pemain utama di pasar lokal tetapi juga sebagai merek yang bersaing di tingkat ASEAN dan global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini