Sukses

Kerja Sama dengan Lamborghini Squadra Corse, Pertamina Hadirkan Hypercar Istimewa di GIIAS 2023

Perpanjangan kerja sama ini menandakan bahwa Oli Pertamina Fastron kembali menjadi Official Technical Partner Lamborghini Squadra Corse hingga 2025 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Lubricants kembali melanjutkan kerja sama dengan divisi balap supercar Lamborghini Squadra Corse, yang membuat kolaborasi antara kedua pemimpin industri ini memasuki tahun yang ke-8.

Perpanjangan kerja sama ini menandakan bahwa Oli Pertamina Fastron kembali menjadi Official Technical Partner Lamborghini Squadra Corse hingga 2025 mendatang.

Kerja sama ini diumumkan dalam acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD pada Sabtu, (12/8).

Untuk merayakan kerja sama ini, Lamborghini Squadra Corse menghadirkan secara langsung Lamborghini Essenza SCV12 yang dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse di booth Pertamina untuk pertama kalinya di Indonesia.

"Kerja sama yang berkesinambungan ini jadi bukti nyata adanya energi yang sama dalam berinovasi, untuk menghasilkan nilai lebih di antara dua pemimpin industri kelas dunia, yaitu Lamborghini Squadra Corse dan Pertamina Lubricants." ujar Werry Prayogi, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants.

Oli Pertamina Fastron digunakan dalam semua mobil balap Lamborghini untuk ajang Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, serta The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Awal kerjasama ini bermula dari tantangan yang dihadapi Lamborghini Squadra Corse dalam mengembangkan balap Super Trofeo di benua Asia yang memiliki iklim cukup ekstrim ketika musim panas.

Dalam merespons tantangan tersebut, di tahun 2015, Pertamina Lubricants bekerjasama dengan Lamborghini Squadra Corse melakukan pengembangan oli baru Fastron Platinum Racing 10W-60 dengan spesifikasi khusus untuk digunakan dalam balapan Super Trofeo.

Dengan kerjasama ini, Pertamina Lubricants membuktikan bahwa Pertamina Fastron sebagai oli kelas dunia kebanggaan Indonesia memahami semua mobil, termasuk Lamborghini.

PT Pertamina Lubricants akan terus mengembangkan produk oli yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen untuk pasar Indonesia yang terus berkembang pesat.

Para pengunjung GIIAS pun sangat antusias berfoto bersama Lamborghini Essenza SCV12 yang dipajang di booth Pertamina Hall 6A ICE BSD City, Tangerang Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenai Lamborghini Essenza SCV12

Lamborghini Essenza SCV12 merupakan hypercar khusus lintasan balap dalam edisi terbatas sebanyak 40 unit, yang dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse dan didesain oleh Lamborghini Centro Stile.

Para pemilik Lamborghini Essenza SCV12 akan menjadi bagian dari klub eksklusif yang akan memberikan mereka akses ke program-program khusus untuk mengendarai hypercar ini di semua sirkuit paling bergengsi di dunia.

Essenza SCV12 dikembangkan untuk penggunaan di lintasan balap, dan solusi tekniknya diambil dari dunia balap. Mesin V12 dapat menghasilkan 830 CV, juga berkat kontribusi supercharging dinamis pada kecepatan tinggi.

Tenaga yang ditangani oleh gearbox 6-percepatan berurutan X-trac baru, terletak melintang di bagian belakang dan dikombinasikan dengan penggerak roda belakang.

Aerodinamika mobil ini mendapatkan manfaat dari pengalaman balap GT Lamborghini Squadra Corse untuk memastikan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan tingkat downforce yang lebih tinggi daripada mobil GT3.

Roda kemudi multifungsi dengan layar dirancang terinspirasi oleh roda kemudi satu tempat duduk F1 untuk menawarkan ergonomi terbaik dan rasa yang sempurna. Kursi OMP yang dihomologasi FIA dengan cangkang karbon yang spesifik merangkul pengemudi untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan stabilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini