Sukses

Resmi Dibuka, GIIAS 2023 Jadi Gambaran Industri Otomotif Masa Depan

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (10/8/2023). Pameran otomotif bergengsi di Tanah Air ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan asosiasi dan industri otomotif terus mendukung pencapaian net zero emission pada 2060, dengan beragam kehadiran kendaraan ramah lingkungan dan transisi menuju era elektrifikasi.

"Usaha tersebut, bisa disaksikan di GIIAS 2023. Pameran ini mengusung tema future now sebagai representasi masa depan otomotif Indonesia," jelas Nangoi, dalam sambutannya di opening ceremony GIIAS 2023.

Sementara itu, Airlangga mengatakan, saat ini ada sekitar 21 manufaktur yang melakukan produksi di Indonesia, dengan total sekitar 1,6 juta unit kendaraan.

"Kita jadi negara ke-11 global untuk produksi otomotif. Kalau nomor 11 tuh hanya bisa bermain bola, tapi kita inginnya main futsal. Minimal naik di bawah (peringkat) 10," tambah Airlangga.

Menjadi penyelenggaraan ke-30 kalinya, pameran otomotif GIIAS 2023 akan tampil berbeda, menampilkan total 49 merek kendaraan bermotor, mulai dari 34 kendaraan penumpang dan komersial hingga 15 merek sepeda motor.

Untuk dapat menikmati sajian merek kendaraan dan juga mengikuti berbagai program acara diseluruh area pameran secara efektif, pengunjung diminta meluangkan waktu 3 (tiga) hingga 4 (empat) jam berada di GIIAS.

Pengunjung dapat memulai dari area Hall 1 untuk melihat berbagai jenis kendaraan roda dua combustion dan electric, yang diantaranya adalah Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta

Bergeser ke Hall selanjutnya, pengunjung memasuki area Hall 2 dan 3 yang merupakan area karoseri dan kendaraan komersial.

Terdapat 3 merek karoseri yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, serta UD Trucks.

Mulai dari Hall 3A, Hall Nusantara hingga Hall 10 para pencinta otomotif yang datang ke GIIAS 2023 akan disuguhkan dengan area kendaraan penumpang mulai dari Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini