Sukses

Wow, Produksi Skutik Suzuki Ini Telah Melampaui 5 Juta Unit

Segmen skutik yang kian berkembang, rupanya memberikan pencapaian yang berkesan bagi Suzuki. Dalam laporan yang ditulis Bikewale, jenama asal Jepang, telah berhasil memproduksi sebanyak 5 juta unit untuk model Access 125.

Liputan6.com, Jakarta - Segmen skutik yang kian berkembang, rupanya memberikan pencapaian yang berkesan bagi Suzuki. Dalam laporan yang ditulis Bikewale, jenama asal Jepang, telah berhasil memproduksi sebanyak 5 juta unit untuk model Access 125.

Model ini merupakan skutik berdesain retro yang diproduksi di pabrik Kherki Daula, Gurugam, Haryana, India. Torehan tersebut berhasil menorehkan tinta emasnya lantaran menjadi salah satu model paling populer yang dimiliki oleh Suzuki.

Guna memikat konsumen yang senang dengan Suzuki Access 125, skutik ini ditawarkan ke konsumen domestik India dalam tiga varian, yakni Standar, Special Edition dan Ride Connect. Untuk versi tertingginya, pabrikan telah menyematkan beberapa keunggulan, di mana telah dibekali dengan konektivitas Bluetooth, yang membawa fitur terkini seperti notifikasi panggilan tak terjawab, indikator baterai smartphone, dan navigasi turn-by-turn.

Bicara spesifikasi lanjutannya, dari segi mesin model ini dipersenjatai dengan jantung mekanis satu silinder berkapasitas 124cc berpendingin udara dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,58 bhp dan torsi puncak 10 Nm.

Dari penampilannya, Suzuki Access 125 hadir dengan desain retro di mana hal tersebut terpancar dari desain lampu depan yang membulat, ditambah dengan jok yang dibuat flat, serta lampu belakang berbentuk khas.

Beberapa aksen krom yang memberikan aksen sporty, tetapi ditampilkan, terutama pada lis cover lampu depan dan pada komponen kaca spion berdesain bulat.

Sebagai salah satu produsen motor terbesar di India, Suzuki, tidak hanya mengandalkan Access 125, namun mereka juga turut menawarkan beberapa model lain, seperti Burgman Street, Burgman Street EX dan Avenis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma Rp 40 Jutaan, Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X Laris Manis di India

Strategi Triumph untuk meraup angka penjualan lebih banyak dengan menghadirkan model berkapasitas mesin lebih kecil namun harganya terjangkau, sepertinya berhasil. Hal itu dibuktikan lewat produk Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X yang diterima pasar.

Kedua model tersebut debut di India dan menorehkan angka pemesanan hingga 10 ribu unit sejak dirilis pada awal Juli 2023.

Untuk diketahui, Speed 400 dan Scrambler 400 X adalah produk hasil kolaborasi antara Triumph Motorcycles dan Bajaj Auto. Pengembangan Speed 400 diambil dari Triumph Speed Twin 900, sementara Scrambler 400 X terinspirasi dari Triumph Scrambler 900.

Mengutip RideApart, Direktur Eksekutif Bajaj Auto, Rakesh Sharma menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi respons luar biasa dari konsumen terhadap ke-2 produk baru hasil kolaborasi ini. Pihaknya berjanji akan kembali meluncurkan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif.

"Pra-pemesanan 10 ribu unit dalam rentang waktu yang sesingkat itu belum pernah terjadinya sebelumnya. Ini merupakan keyakinan teguh yang telat ditempatkan pengendara Bajaj Auto dan Triumph Motorcycles," kata Rakesh Sharma.

Baik Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X akan diproduksi di fasilitas manufaktur Bajaj Auto di India. Jantung pacu ke-2 nya diklaim menggunakan mesin pengembangan baru yang mampu hasilkan output yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, khususnya para pelanggan di India.

Bicara harganya, untuk meminang Triumph Speed 400 periode promo peluncuran konsumen harus mengeluarkan uang sekitar 2,33 lakh atau setara Rp 41,08 juta. Setelah itu, harga moge ini akan meningkat sekitar Rp2 jutaan setelah masa promo usai.

Sementara itu untuk opsi Triumph Scrambler 400 X perusahaan belum menginformasikan banderol jualnya. Kendati demikian, untuk konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pre-booking dan estimasi pengumuman harga pada Oktober 2023.

Hadirnya Triumph Speed 400 menjadi alternatif motor middleweight roadster terjangkau di kelasnya. Ia akan menantang Harley-Davidson X440 yang juga meluncur di India dengan harga mirip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini