Sukses

Mengenal Penyebab Kendaraan Tiba-Tiba Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot, Tak Selalu Harus ke Bengkel

Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Fungsinya sebagai saluran pembuangan termasuk untuk asap putih yang kemudian bisa menimbulkan tanda tanya.

Liputan6.com, Jakarta - Knalpot merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Fungsinya sebagai saluran pembuangan termasuk untuk asap putih yang kemudian bisa menimbulkan tanda tanya. 

Terkadang asap putih bisa keluar dari kendaraan kesayangan Anda. Hal tersebut bisa terjadi mobil atau sepeda motor. Hal tersebut bisa menandakan adanya permasalahan pada mesin, tapi bisa saja asap putih tersebut bukan sebuah masalah.

Sebelum berbicara lebih jauh, penting untuk memahami bahwa asap putih yang keluar dari knalpot dapat memiliki beberapa penyebab yang berbeda.

Bukan Menjadi Masalah

Mengutip dari berbagai sumber, Rabu (28/6/2023), asap putih bisa jadi bukan merupakan masalah. Dalam banyak kasus, asap putih ini disebabkan oleh kondensasi air dalam sistem knalpot.

Saat mesin kendaraan berjalan, gas buang yang dihasilkan mengandung uap air. Ketika gas ini mencapai sistem knalpot yang lebih dingin, uap air tersebut akan mengembun dan berubah menjadi asap putih.

Misalnya pada kondisi cuaca dingin. Saat kondisi cuaca tersebut, mesin kendaraan akan menghasilkan lebih banyak uap air saat proses pembakaran berlangsung.

Ini dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih saat pertama kali mesin dihidupkan. Biasanya, asap putih ini akan hilang setelah mesin kendaraan mencapai suhu kerja normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Masalah

Namun, dalam beberapa kasus, asap putih yang keluar dari knalpot bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius.

Misalnya, asap tersebut adalah pertanda kebocoran kepala silinder mesin. Kebocoran pada kepala silinder dapat menyebabkan cairan pendingin ataupun pelumas masuk ke ruang bakar.

Ketika cairan ini terbakar bersama dengan bahan bakar, hasil pembakarannya akan menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.

Masalah lain yang mungkin timbul dari pertanda asap putih adalah masalah sistem pendingin. Jika sistem pendingin kendaraan mengalami kerusakan atau kebocoran, cairan pendingin dapat masuk ke ruang bakar dan menyebabkan asap putih.

Pertanda lainnya juga bisa karena masalah pada sistem injeksi bahan bakar. Jika sistem injeksi bahan bakar kendaraan mengalami masalah, pembakaran bahan bakar tidak akan efisien.

Hal ini dapat menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot. Pastikan sistem injeksi bahan bakar Anda dalam kondisi baik dan bersih.

Lalu jika curiga ada kebocoran pada kepala silinder, penting untuk segera memeriksakan kendaraan ke bengkel.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini