Sukses

145 Ducati Diavel V4 Kena Recall, Ini Penyebabnya

Produsen sepeda motor premium asal Italia, Ducati, baru-baru ini mengumumkan mereka akan menarik kembali model terbaru Diavel V4 dari pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen sepeda motor premium asal Italia, Ducati, baru-baru ini mengumumkan mereka akan menarik kembali model terbaru Diavel V4 dari pasar.

Adapun masalah yang mendasari keputusan tersebut adalah adanya masalah pada foot step penumpang yang dirasa akan menimbulkan masalah.

Hal ini akan berdampak pada keselamatan penumpang, di mana foot step tersebut dapat rusak dan bisa membahayakan.

Setidaknya ada 145 unit Ducati Diavel V4 yang akan ditarik dari pasar Amerika Utara. Ini merupakan cacat produksi yang disebabkan oleh pihak pemasok foot step.

Perusahaan telah memberitahu National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) tentang masalah tersebut pada 13 April 2023.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada konsumen, Ducati, telah mengirimkan instruksi penarikan kembali ke dealer di Amerika Utara.

Surat itu meminta departemen layanan untuk memeriksa komponen tersebut. Bila pada part terdapat kode K22, maka perusahaan akan melakukan penggantian secara gratis.

Begitu pun sebaliknya, jika pada komponen foot step bagian kanan dan kiri tetapi tidak ada kode K22, maka perusahaan tidak akan melakukan penggantian. Karena hal tersebut tidak terindikasi adanya masalah keselamatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Memberikan Keselamatan Kepada Konsumen

Penarikan kembali tersebut merupakan tindakan pencegahan yang diambil oleh Ducati untuk memastikan keselamatan pelanggannya. Perusahaan menyarankan pemilik sepeda motor yang terkena dampak untuk membawa kendaraan mereka ke dealer Ducati sesegera mungkin untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Ducati Diavel V4 merupakan model baru yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Spesifikasinya kini menggendong mesin berkonfigurasi V4, di mana hal ini menjadi generasi baru karena model sebelumnya masih mengadopsi konfigurasi lain.

Bicara tenaga yang dihasilkan, motor ini mampu memproduksi 168 tk pada 10.750 rp dengan torsi puncak 128 Nm pada 7.750 Nm.

Tidak hanya itu, dalam penggunaan mesin berkonfigurasi baru tersebut, pabrikan juga telah menyematkan teknologi sistem buka tutup untuk dua silinder di belakang.

Hal ini diungkapkan dapat membantu efisiensi penggunaan bahak bakar saat motor berada di kecepatan rendah atau berhenti di lampu merah.

Untuk kenikmatan berkendara lainnya, Ducati Diavel V4 juga dibekali dengan empat mode berkendara, yakni Sport, Touring, Urban dan Wet.

3 dari 3 halaman

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.