Sukses

9 Tips Penting Bagi Anda yang Mau Mudik Lebaran 2023 Pakai Mobil Listrik

Kini mobil listrik sudah menjadi semakin populer di Tanah Air. Tentunya yang namanya dipakai untuk perjalanan jauh saat mudik, pengendara perlu persiapan yang matang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kini mobil listrik sudah menjadi semakin populer di Tanah Air. Sifatnya yang ramah lingkungan dan hemat biaya, membuat mobil listrik mulai menjadi pilihan mobilitas masyarakat.

Ditambah sekarang subsidi dari pemerintah dari pemerintah sudah berlaku. Maka tidak heran jika, mobil listrik pun jadi semakin banyak peminat. 

Namun, saat ini masih banyak yang meragukan kemampuan mobil listrik untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Apalagi sebentar lagi cuti bersama mudik Lebaran akan segera dilaksanakan, kira-kira apakah aman kalau mobil listrik dipakai mudik?

Jawabnya, aman-aman saja asal digunakan secara baik dan benar. Tentunya yang namanya dipakai untuk perjalanan jauh saat mudik, pengendara perlu persiapan yang matang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Dilansir rustpro.id, berikut daftar hal yang perlu diperhatikan saat pakai mobil listrik ketika mudik:

1. Perencanaan Rute dan Pengisian Daya

Menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik memerlukan perencanaan rute dan pengisian daya yang matang. Pastikanlah untuk memeriksa jalur yang akan diambil serta stasiun pengisian daya terdekat. 

Selain itu, memperhitungkan jarak dan waktu yang diperlukan untuk sampai ke stasiun pengisian daya berikutnya juga krusial. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan mengenai ketersediaan stasiun pengisian daya atau SPKLU di sepanjang rute perjalanan. 

Pastikan untuk membawa kabel pengisian daya mobil dan ponsel yang terisi penuh untuk keperluan darurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pemeliharaan Mobil

Mobil listrik memerlukan perawatan yang berbeda dengan mobil konvensional. Pastikan mobil listrik dalam kondisi prima sebelum menempuh perjalanan jauh.

Periksa juga kondisi ban, rem, sistem pendingin, dan baterai mobil. Pastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang aman.

3. Hemat Daya Baterai

Hemat daya baterai adalah hal terpenting dalam pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh. Pastikan untuk mematikan fitur yang tidak diperlukan seperti pendingin udara atau pemanas jika tidak dibutuhkan. 

Gunakan fitur penghemat energi saat mengemudi yang memungkinkan mobil menghasilkan energi saat pengereman dan menghemat daya baterai. Kurangi kecepatan agar daya baterai dapat bertahan lebih lama. 

Kemudian pastikan cadangan daya baterai yang cukup untuk mencapai stasiun pengisian daya berikutnya.

4. Mengisi Daya Mobil dengan Aman

Ketika mengisi daya mobil listrik pastikan untuk melakukanya dengan aman dan benar. Ikuti petunjuk pengisian daya yang tertera di stasiun pengisian daya. 

Pastikan kabel pengisian daya tidak terjepit atau terpaut di mobil dan stasiun pengisian daya. Selain itu, pastikan juga kabel pengisian daya selalu dalam kondisi baik dan aman. 

Usahakan tidak meninggalkan mobil saat mengisi daya dan pastikan mobil selalu terkunci.

3 dari 3 halaman

5. Pertimbangkan Suhu Lingkungan

Suhu ekstrem dapat mempengaruhi kinerja baterai mobil listrik. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari suhu terlalu panas atau terlalu dingin dalam pengoperasian mobil.

Jangan meninggalkan mobil dalam kondisi panas atau terkena sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. Cek lagi sistem pendingin pastikan ia berfungsi dengan baik agar dapat digunakan untuk menjaga kenyamanan.

6. Sediakan Waktu Lebih

Waktu pengisian daya mobil listrik mungkin memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengisi bahan bakar konvensional. Oleh karena itu, sediakanlah waktu ekstra saat merencanakan perjalanan. 

Hitung waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dan pastikan waktu tersebut cukup untuk sampai ke tujuan. 

7. Pertimbangkan Menginstal Pengisi Daya di Rumah

Jika Anda sering pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menginstal pengisi daya di rumah. Alasanya adalah mengisi daya mobil di rumah dapat menghemat waktu dan biaya pengisian daya. 

Namun, pastikan untuk menginstal pengisi daya yang sesuai dengan mobil dan mengikuti petunjuk instalasi dengan benar.

8. Berbagi Informasi dengan Orang Lain

Saat menggunakan mobil listrik untuk mudik, alangkah baiknya untuk berbagi informasi dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, atau pihak berwenang. 

Berikan informasi mengenai rute perjalanan, stasiun pengisian daya yang terdekat, waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, dan informasi kontak darurat. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika mengalami masalah selama perjalanan.

9. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Patuhi aturan lalu lintas dan jangan melebihi batas kecepatan. Pastikan untuk selalu waspada saat mengemudi dan menjaga keamanan diri dan penumpang.

Ingatlah mobil listrik memiliki waktu pengisian daya yang lebih lama dibandingkan dengan mobil konvensional. Masalah yang didapat dari melanggaran aturan lalu lintas hanya akan memakan waktu lebih banyak lagi.

Jangan sampai momen bersama keluarga di kampung halaman harus terpotong hanya karena tertangkap melanggar aturan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini