Sukses

7 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran

Sebelum melakukan perjalanan mudik, perlu ada berapa persiapan yang harus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuti bersama dan libur Lebaran 2023 telah ditetapkan berlangsung pada 19-25 April 2023. Hari libur itu pun akan dimanfaatkan untuk mudik lebaran ke kampung halaman.

Mudik lebaran telah menjadi tradisi yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Tentu saja, pulang ke kampung halaman dan silaturahmi bersama keluarga selalu jadi momen bahagia bagi siapapun.

Selain pulang ke tempat asal dan berkumpul dengan keluarga, proses perjalanan mudik pun juga sering kali menjadi momen yang tak terlupakan. Maupun itu karena macetnya yang tak tertahankan atau kegembiraan yang berhasil diciptakan dari asiknya mudik tersebut.

Namun, sebelum melakukan perjalanan tersebut, akan ada berapa persiapan yang harus dilakukan. Khusus untuk yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, tentunya persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Terutama bagi para perantau yang kampung halamannya berjarak hingga ratusan kilometer. Tentunya sebelum mudik, perlu memeriksa mesin mobil secara menyeluruh.

Dilansir dari daihatsu.co.id, setidaknya ada 7 bagian penting dari sebuah mobil yang mesti diperhatikan agar mudik aman dan nyaman:

1. Cek Keseluruhan Mesin

Bila mobil sudah cukup mumpuni untuk menempuh jarak jauh saat mudik, cukup melakukan tune up mesin standar. Mintalah mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, busi, serta mengganti oli. 

Namun, jika ingin meningkatkan tenaga motor maka dapat bilang ke mekanik untuk melakukan penyetelan karburator. Cukup dengan mengganti spuyer, setel klep, main jet. 

Selain itu, saluran bahan bakar ke ruang bakar juga harus diperiksa, terutama bila ring piston sudah ada gejala haus agar segera diganti. Kemudian, busi mobil juga jangan lupa diganti agar pengapian makin sempurna. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Air Radiator

Setelah itu, jangan lupa periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radiator dan ganti dengan air baru serta ditambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal. 

3. Rem dan Kaki

Peran kaki-kaki saat melakukan perjalanan jauh sangat krusial. Oleh sebab itu, periksa komponen-komponennya, mulai dari pelek, rantai dan gir, ban, hingga bearing roda. 

Kampas rem umumnya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Jika dirasa sudah tidak nyaman lebih baik segera ganti yang baru 

4. Ban

Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai dapat menyebabkan penurunan daya cengkram terhadap jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan. 

Salah satu cara memeriksa kelayakan sebuah ban, dapat dilakukan dengan mengecek permukaan ban. Jika ada retakan, lebih baik diganti dengan ban baru.

Retakan ini ditimbulkan dari permukaan karet ban yang sudah lentur dengan compound ban mulai berkurang. Kalau tetap dipaksakan berjalan maka dapat berpotensi mengalami pecah ban. 

 

3 dari 4 halaman

5. Bagian Lampu dan Sinyal

Meski terdengar sepele, tetapi lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya. 

Selain itu, perangkat sinyal lain yang juga wajib diperiksa adalah klakson. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan ketika melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.

6. Wiper

Cek juga air untuk wiper agar tidak ngadat saat hujan turun. Kemudian, jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. 

Saat hujan turun, wiper akan sangat berguna untuk membuat pandangan lebih jelas saat mengemudikan mobil. Maka dari itu, wiper juga merupakan komponen penting saat perjalanan jauh yang memakan waktu lama. 

7. Kelengkapan Mobil

Jika kondisi mobil sudah prima, kini saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. 

Selain itu peralatan P3K serta segitiga pengaman juga perlu dibawa. Terakhir, cek lagi masa berlaku STNK dan SIM, barangkali sudah waktunya harus diperpanjang. 

Jika semua sudah beres, tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh yang melelahkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.