Sukses

Kendaraan Listrik Roda 3 Tomara Siap Diproduksi untuk Penuhi Kebutuhan Pemerintah

Pemerintah terus memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, terutama untuk pengadaan barang dan jasa yang dilakukan seluruh instansi yang memakai APBN dan APBD

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, terutama untuk pengadaan barang dan jasa yang dilakukan seluruh instansi yang memakai APBN dan APBD. strategi tersebut diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional, dan mendukung daya saing industri di Tanah Air.

Salah satu perusahaan yang siap mendukung strategi ini, adalah PT Tomara Jaya Perkasa, sebagai produsen kendaraan listrik roda tiga dengan merek Tomara. Perusahaan yang berdiri sejak 2016 ini, ikut berpartisipasi di Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2023, dan berharap dapat memenuhi kebutuhan pengguna dari instansi pemerintah pusat dan daerah.

"Produk Tomara merupakan alternatif solusi kendaraan yang ramah lingkungan dan serbaguna. Di mana saat ini pemerintah sedang menggalakkan kendaraaan listrik untuk menuju zero emission," ujar Direktur PT Tomara Jaya Perkasa, Dwiki Ilham Toriyana di Jakarta, ditulis Sabtu (17/3/2023).

Lanjut Dwiki, kendaraan listrik roda tiga Tomara sangat potensial untuk mendukung program sejumlah instansi karena bagian belakangnya yang multifungsi.

"Misalnya untuk produk Bima Box Etalase yang bisa diserap untuk program di instansi yang menaungi sektor UMKM, kemudian ada Bima Box Sampah untuk dinas kebersihan, dan Bima 1200 bak untuk Kementrian Pertanian karena bisa dipakai sebagai alat angkut hasil panen," jelasnya.

Motor listrik Tomara yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 60 juta ini memiliki sejumlah tipe, yakni berdaya 1.200 watt hingga 3.000 watt.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Kendaraan Listrik Roda Tiga Tomara

Adapun sekali isi baterai (charge), bisa digunakan untuk 50 kilometer (km) hingga 90 km. Saat ini, dealer Tomara meliputi wilayah Bandung, Bali, BSD Tangerang, Mataram, Kuningan, Lumajang, dan Jember.

Dwiki optimistis, Tomara akan menjadi pelaku industri kendaraan dalam negeri yang memiliki kualitas dan daya saing tinggi sehingga dapat mengisi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor. Saat ini, Tomara sudah memiliki Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dan semua izin yang diperlukan untuk memproduksi kendaraan listrik baik roda dua maupun roda tiga.

"Kami ada rencana untuk mengeluarkan produk baru motor listrik roda dua. Saat ini kami sedang ke tahap pengembangan dari baterai dan uji tipe," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.