Sukses

Antisipasi Tertipu Saat Beli Mobil Bekas, Jasa Inspector Mobil Bisa Jadi Solusi

Dalam melakukan proses jual beli mobil bekas, konsumen mesti lebih berhati-hati. Sebaiknya jangan terlalu percaya dengan kondisi kendaraan yang diklaim oleh si penjual.

Liputan6.com, Jakarta - Berkat adanya teknologi, transaksi mobil bekas saat ini sudah sangat dimudahkan. Salah satunya adalah transaksi via layanan daring. Tanpa melihat langsung fisiknya, calon konsumen sudah bisa "mengikat" mobil incarannya.

Namun dalam melakukan proses jual beli ini, konsumen mesti lebih berhati-hati. Sebaiknya jangan terlalu percaya dengan kondisi kendaraan yang diklaim oleh si penjual.

Pasalnya, meski disebutkan mobil dalam kondisi baik, tidak bekas tabrakan ataupun banjir, namun faktanya banyak penjual mobil bekas yang "mengakali" untuk menutupi kekurangannya tersebut. Alasannya jelas, demi harga jual yang lebih tinggi.

Seperti kejadian tak mengenakan yang dialami salah seorang pembeli mobil bekas yang satu ini. Lantaran terlalu percaya dengan penjual yang meyakinkan bahwa kondisi mobil tersebut masih bagus dan layak, ia pun setuju untuk melakukan pembayaran down payment (DP). Uang yang dikeluarkan tidak sedikit, yakni Rp 50 juta.

Setelah melakukan DP, ia pun menyewa jasa Inspector Mobil untuk pemeriksaan mobil bekas secara menyeluruh. Hasil pemeriksaan diketahui jika mobil tersebut bekas banjir.

Hal itu dilihat dari banyaknya lumpur yang masih menempel di sekitar karet pintu dan soket serta pada jok mobil.

Jika sudah begini, urusan tentunya menjadi panjang. Nah, untuk mengantisipasi kejadian seperti ini menimpa Anda, sebaiknya gunakan jasa ahli untuk melakukan pemeriksaan mobil secara menyeluruh sebelum melakukan transaksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian-Bagian yang Diperiksa

"Calon pembeli mobil bekas akan mendapatkan laporan langsung dari para ahli Inspector Mobil mencakup sejumlah detail penting mengenai kondisi fisik mobil, sehingga calon pembeli dapat mengetahui apa saja yang perlu diganti agar mobil memiliki performa sempurna," terang CEO Inspector Mobil, Sundoro Edi dalam keterangannya.

Selain eksterior, beberapa bagian penting lainnya yang diperiksa oleh para inspektor mobil, di antaranya melakukan inspeksi keadaan speedometer, keseluruhan interior depan, interior belakang, dashboard dan mesin mobil hingga scanner engine, untuk optimasi kerja mesin kendaraan yang optimal.

Sekadar informasi, jasa Inspector Mobil bisa ditemui di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini