Sukses

Adopsi Setir Pajero Sport, Kabin New Mitsubishi Xpander Cross Terlihat Menggoda

Memberikan hal-hal baru pada sebuah produk merupakan strategi yang umum dilakukan oleh pabrikan otomotif agar konsumen selalu terpikat. Hal ini yang selalu dilakukan oleh Mitsubishi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan hal-hal baru pada sebuah produk merupakan strategi yang umum dilakukan oleh pabrikan otomotif agar konsumen selalu terpikat. Hal ini yang selalu dilakukan oleh Mitsubishi di Indonesia. 

Tengok saja New Mitsubishi Xpander Cross yang resmi diluncurkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 lalu. Tak hanya eksterior, model andalan pabrikan berlogo tiga berlian ini mendapatkan penyegaran dari sisi eksterior, interior, dan juga fitur-fitur terbaru.

Begitu masuk ke dalam ruang kabin, new Xpander Cross memiliki nuansa yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Xpander Cross terbaru mengadopi LCD Meter Cluster 8 inch, selain itu desain lingkar kemudinya kini terinspirasi dari Pajero Sport sehingga menambah nilai eksklusivitas. Satu fitur yang cukup menarik ada multi around monitor yang membuat parkir lebih mudah. Layar infotainment bisa menampilkan sisi luar mobil, seakan-akan sopir bisa melihat dari luar.

Hikaru Mii,selaku Director of Product Strategy Division, mengatakan, "Ini perubahan yang besar buat Xpander Cross. Investasinya adalah memberikan top grade feeling untuk Low MPV Indonesia. Kami ingin menjadi perusahaan yang memberikan kenyamanan terbaik buat konsumen. Jadi banyak fitur yang ditambahkan, sehingga cukup signifikan harga naiknya."

LCD Meter Cluster 8 inch tampil begitu atraktif dan juga menampilkan beragam informasi penting selama berkendara. Layar ini juga menampilkan informasi ketika sistem pengereman AYC (Active Yaw Control) bekerja. Fitur ini mampu meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan dan mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin. 

Tambahan fitur lainnya yang cukup menarik adalah wireless charger untuk smartphone dan Micron Air Filtration yang bertugas menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin.

" Pengembangan butuh waktu tiga tahun karena setelah diluncurkannya Xpander Cross pertama kami sudah memikirkan pengembangan. Kami meminta pendapat dari konsumen apa yang dibutuhkan kemudian harinya. Kami mendengar input atau masukan dari mereka. Nomor dua, kami berusaha sebaik mungkin membuat mobil MPV kami jadi yang terbaik. Banyak yang hadir saat ini, tapi kami percaya ini adalah produk yang terbaik dan saya harap konsumen juga ikut merasakannya," pungkas Hikaru Mii.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjajal Fitur Active Yaw Control Milik New Mitsubishi Xpander Cross

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 lalu. Mobil keluarga andalan Mitsubishi ini mendapatkan pembaruan dari segi eksterior serta dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru.

Salah satu fitur keselamatan yang menarik untuk dilirik adalah sistem pengereman AYC (Active Yaw Control), yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Sistem ini untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin. 

MMKSI mengundang langsung Liputan6.com untuk menjajal di Indonesia Safety Driving Centre, Pusdik Lantas Lemdiklat Polri, Serpong. Beragam rintangan yang tersedia dirancang untuk menggali potensi yang dimiliki oleh Xpander Cross. Mulai dari menguji kelincahan melakukan putar balik, respons akselerasi, slalom, tikungan kecepatan tinggi dengan genangan air, hingga area gymkhana yang dipenuhi genangan air.

Begitu masuk ke dalam ruang kabin, new Xpander Cross memiliki nuansa yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Xpander Cross terbaru mengadopi LCD Meter Cluster 8 inch, selain itu desain lingkar kemudinya terlihat lebih sporty serta nyaman digenggam.

Satu fitur yang cukup menarik ada multi around monitor yang membuat parkir lebih mudah. Layar infotainment bisa menampilkan sisi luar mobil, seakan-akan sopir bisa melihat dari luar. 

3 dari 3 halaman

Menjajal Performa

Xpander Cross masih mengadopsi mesin 1.5 L Mivec DOHC 16 Valve yang menghasilkan tenaga 105 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi CVT. Saat pedal di-kickdown dari posisi diam, respons akselerasi halus dan cukup memuaskan. Tak ada sentakan mengingat transmisinya berjenis transmisi.

Ketika melewati rintangan pengereman dengan menginjak pedal rem sekuat mungkin, sistem Anti-lock Braking System (ABS) + EBD + BA bekerja secara optimal. Roda sama sekali tidak menunjukkan gejala selip. 

Fitur keselamatan New Xpander Cross yang menjadi andalan adalah sistem AYC (Active Yaw Control). Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan. Meskipun pedal gas diinjak dalam, tenaga tidak akan tersalurkan ke roda jika hal tersebut berpotensi menimbulkan hilang kendali atau understeer. Tak perlu sering-sering melakukan koreksi lingkar kemudi, karena arah mobil akan mengikuti arah roda. Fitur ini benar-benar perlu diacungi jempol, terlebih lagi dipadukan dengan ABS dan Active Stability Control (ASC).

Menurut Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, AYC adalah sistem keselamatan berjenjang. "Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC (Active Stability & Traction Control), setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang yakni AYC ini yang kita punya di mobil Mitsubishi," ungkap Rifat.

ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak selip, putaran mesin dikurangi. Tapi ketika mobil sudah di jalurnya dan tetap melaju kencang, maka AYC bekerja. 

"Terdapat empat variabel yang dibaca, yaitu melalui wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem. Empat-empatnya bekerja bersamaan. Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. Begitu dengan AYC kecepatan akan disesuaikan degan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi," pungkas Rifat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.