Sukses

7 Cara Jitu Mencegah Maling Membobol Motor Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pemilik sepeda motor tentu tak ingin tunggangan kesayangannya dibobol oleh maling. Karena itu diperlukan pengetahuan cara mengamankan sepeda motor.

Ada banyak cara untuk mengamankan motor. Mulai dari hal yang kompleks sampai simple. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pencurian motor yang tentu sangat merugikan. Jika pencurian benar-benar terjadi, maka Anda tidak hanya rugi uang, akan tetapi juga rugi waktu untuk mencarinya dan lapor sana-sini.

Motor adalah barang berharga yang harus dilindungi. Maka dari itu, berikut ini dirangkum informasi tentang cara sederhana agar motor aman dari maling yang penting untuk diketahui. Simak artikel ini sampai tuntas.

1. Kunci Stang

Melansir dari laman Suzuki, cara mengamankan motor dari maling yang paling sederhana adalah mengunci stang. Kunci stang adalah cara terbaik dan paling mudah untuk mengamankan motor. Selain itu, kunci stang juga akan menyulitkan orang lain untuk memindah-mindahkan motor ke tempat lain.

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal. Anda harus mengunci stang motor ke arah kanan. Ini terbukti mampu mengamankan motor dari pencurian. Mengunci stang ke kanan tidak akan memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

2. Pasang Pengaman Tambahan

Cara kedua mengamankan motor dengan sederhana adalah dengan memasang pengaman tambahan. Pengaman tambahan yang dimaksud di sini adalah gembok. Gembok ini bisa Anda pasang di cakram bagian depan motor. Ini akan menyulitkan maling untuk mencuri motor Anda.

Selain itu pengaman ini juga terbukti efektif untuk mengamankan motor. Ketika sepeda motor Anda akan diambil oleh maling, dia akan kesulitan mengendarainya. Kecuali si maling kuat mengangkat motor Anda tanpa ketahuan siapapun.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

3. Pasang Alarm

Selanjutnya, cara sederhana agar motor aman dari maling adalah memberikan alarm. Alarm sejauh ini masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor Anda disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, motor akan memberikan sinyal dan membunyikan alarm dengan keras.

Hal itu akan membuat maling panik dan membuka peluang untuk ketahuan oleh orang lain. Dengan demikian, maka maling tidak akan berhasil mengambil motor Anda. Namun, tidak semua motor memiliki alarm. Anda bisa memasangnya secara manual ke bengkel.

4. Pakai Keyless Ignition System

Sistem keyless sekarang sudah menjadi fitur wajib yang ada pada motor baru. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling. Motor tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter dari kuncinya. Maka dari itu, ini akan menyulitkan maling untuk mengambil motor.

Meskipun tidak semua motor mempunyai fitur ini, akan tetapi jika Anda membeli motor baru, pastikan motor yang Anda beli memiliki fitur ini. Bukan tanpa alasan, itu penting karena fitur ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling.

 

3 dari 3 halaman

5. Pakai Cover Motor

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mengamankan motor adalah dengan memakai cover motor. Jika motor Anda letakkan di rumah, maka berikanlah cover supaya motor Anda tertutupi. Ini akan membuat maling berpikir beberapa kali untuk mengambil motor Anda.

Selain itu, jika motor tertutup cover, ini akan memakan banyak waktu bagi maling untuk membuka dan membobol motor Anda. oleh karena itu, hal itu biasanya akan menjadi pertimbangan maling karena berpotensi untuk ketahuan bahwa ia maling.

6. Parkirkan di Tempat yang Aman

Berikutnya, cara sederhana untuk melindungi motor dari maling adalah dengan meletakkan motor di tempat yang aman. Ini adalah langkah yang paling mudah dan sederhana. Jika Anda tidak memastikan keamanan motor, maka motor Anda masih mempunyai peluang untuk dicuri.

Tempat yang aman bukan berarti tempat yang sepi. Tempat aman adalah tempat yang terdapat banyak orang yang bisa mengawasi motor Anda. jika Anda memarkirkan pada malam hari. Jangan parkir motor di tempat yang gelap. Ini akan memudahkan maling untuk beraksi tanpa ketahuan.

7. Preteli Bagian Vital Motor

Cara ini sangat efektif untuk mengamankan motor Anda jika ditinggal untuk melakukan perjalanan jauh. Apabila motor ditinggal di rumah, maka Anda bisa melepaskan beberapa komponen penggerak dari motor yang vital. Misalnya melepas busi, ban, atau yang lainnya. Jika sudah dilepas, letakkan di tempat lain yang berbeda dengan motor.

Apabila motor tak dilengkapi ban, maka maling pun tak bisa membawanya. Hanya saja cara ini hanya bisa dilakukan ketika motor diparkir di rumah. Jika di luar rumah, tentu hal ini sangat merepotkan.

Penulis: Muhammad Farih Fanani

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.