Sukses

Mau Ganti Pelek Harus Penuh Perhitungan, Salah Ukuran Bikin Boros BBM

Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar resmi dikerek naik oleh pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar resmi dikerek naik oleh pemerintah. Jika sudah begitu, melakukan berkendara hemat dan jangan bikin kendaraan boros, adalah cara untuk menghemat pengeluaran agar kantong tidak jebol.

Namun, bagi pemilik mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kendaraan yang boros bahan bakar. Berikut, dikutip dari laman Auto2000, ciri-ciri kendaraan yang boros bahan bakar:

Asap Knalpot Menghitam

Bagi pemilik mobil, jika melihat asal yang keluar dari knalpot menghitam, berarti ada masalah terkait kendaraannya. Tidak jarang, hal tersebut juga bikin boros bahan bakar.

Kemungkinan besar, terdapat masalah di dalam karburator, yang diakibatkan penyumbatan pipa-pipa kecil yang membuat aliran bensin terganggu.

Jangan biarkan masalah tersebut berlangsung lama, segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel.

Suara Mesin Mulai Kasar

Suara mesin mobil yang prima, pastinya akan terasa halus. Jika mulai terdengar suara mesin yang kasar dan berisik, bisa dipastikan mobil memiliki masalah.

Bukan saja mengakibatkan konsumsi bensin yang tiodak efisien, tapi juga berdampak pada keseluruhan kinerja mesin kendaraan. Hal tersebut, biasanya diakibatkan oleh kondisi klep yang terlalu rapat atau longgar.

Sulit Menginjak Pedal Gas

Kesulitan menginjak pedal gas, juga menjadi ciri mobil yang konsumsi bahan bakarnya tidak efisien.

Pedal gas yang berat dan terus diinjak akan membuat bahan bakar habis dengan cepat. Hal tersebut, diakibatkan karena filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan Pelek yang Tidak Sesuai

Jika pemilik mobil merasakan mesin terasa berat, dan tidak bertenaga coba perhatikan seluruh eksterior kendaraan.

Kemungkinan besar, jika mesin tidak bertenaga ada yang salah dengan penggunaan ekstrior mobil, salah satunya penggunaan pelek yang kebesaran.

Jika sudah begitu, maka komponen lain bekerja lebih keras dari biasanya, dan hal ini juga bisa menjadi penyebab bensin cepat habis dengan cepat. Langsung saja, jangan ditunda, segera ganti pelek dan bagian lainnya yang sesuai dengan aturannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.