Sukses

Pemerintah Lakukan Akselerasi dari B30 Menuju B40, Target Akhir Tahun 2022 Selesai

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pemerintah dalam menghadirkan bahan bakar alternatif biodiesel terus digodok. Kini, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya MineralĀ (ESDM), tengah melakukan percepatan dari B30 menuju B40 sebagai target dan mandat dari Presiden Joko Widodo.

Hal ini merupakan sebuah langkah lanjut seperti yang pernah digaungkan oleh Jokowi, di mana targetnya tidak hanya berhenti pada B30 saja, namun bisa menembus hingga B40 atau bahkan B100.

"Indonesia merupakan salah satu negara pionir dalam pemanfaatkan biodiesel. Kita jangan hanya berhenti di B30, sehingga dengan hal tersebut kita bisa meminimalisir defisit neraca keuangan kita, karena kita tahu minyak fosil kita sudah mulai berkurang," jelas Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dalam keterangannya beberapa waktu lalu di Jakarta.

Lebih lanjut, dalam implementasinya pemerintah menargetkan pada akhir tahun 2022 nanti, penggunaan biodiesel B40 ini bisa digunakan. Untuk itu, saat ini pemerintah terus melakukan uji jalan kendaraan dengan menggunakan B40 dalam beberapa tujuan.

"Terdiri dari 6 kendaraan mesin diesel yang beratnya di bawah 3,5 ton dengan target harian jarak tempuh 560 kilometer dan total 50.000 kilometer, kemudian 6 kendaraan mesin diesel di atas 3,5 ton dengan target harian jarak tempuh mencapai 400 kilometer dan total 40.000 kilometer," jelas Dadan Kusdiana, Direktur Jenderal EBTKE, melengkapi keterangan Menteri ESDM.

Lebih lanjut, Dadan menjelaskan bahwa Pengujian yang akan dilaksanakan selama uji jalan B40 antara lain penanganan dan analisis konsumsi bahan bakar, pengujian kualitas-mutu bahan bakar dan pelumas, pengujian kinerja pada chassis dynamometer, pengujian merit rating komponen kendaraan, serta pengujian stabilitas kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

MG Siap Bawa Mobil Listrik Baru di GIIAS 2022

Memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, MG akan membawa mobil listrik terbarunya. Gelaran GIIAS 2022 berlangsung pada Agustus 2022.

Jenama asal Cina ini sebelumnya telah memperkenalkan teknologi mobil listrik terdepan, mulai dari MG Cyberster, MG Marvel R, MG 5 EV sebagai mobil model estate bertenaga listrik yang pertama di dunia dan juga MG 4 EV yang baru saja diluncurkan di pasar Eropa.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia menjelaskan, bentuk konsistensi MG untuk meredefinisi ekspektasi para penggemarnya melalui evolusi dan inovasi akan selalu tergambarkan pada kualitasĀ brit dynamic.

"MG optimis bahwa melalui inovasi teknologi kendaraan berbasis listrik murni yang akan diperkenalkan di GIIAS 2022 nanti akan memberikan keseruan baru dalam pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi publik tanah air," jelas Arief, saat konferensi pers GIIAS 2022, ditulis Jumat (29/7/2022).

Konsep E-verlasting design language dan E-xtraordinary comfort, adalah kualitas yang akan melengkapi sensasi berkendara setiap pengendara mobil MG. Selain itu, MG juga menghadirkan semua demi kepuasan dan kenyamanan para konsumennya, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di pasar internasional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS