Sukses

Renovasi Rampung, Moto Guzzi Museum Dibuka Kembali untuk Umum

Liputan6.com, Jakarta - Moto Guzzi Museum kembali dibuka untuk umum pada 29 April 2022 setelah sebelumnya sempat ditutup karena renovasi. Museum yang menampilkan koleksi sepeda motor Moto Guzzi itu berlokasi di Mandello del Lario, Italia.

Moto Guzzi Museum terbagi dalam tiga area utama, di antaranya model komersial, model balap, dan model militer. Sedikitnya ada 160 tipe model yang direstorasi secara detail dan teliti.

Dimulai dari G.P. sebagai varian model unik yang telah hadir sebelum berdirinya Moto Guzzi, hingga model-model terkini yang masih dan masih diproduksi, seperti salah satunya V85 TT.

Di lantai dasar terdapat deretan sepeda motor yang diproduksi dari tahun 2000 hingga saat ini, seperti California 1400 dan Stelvio 1200. Di lantai ini juga terdapat G.P. 1919, prototipe yang menjadi cikal bakal “Normale” sebagai produksi massal pertama Moto Guzzi pada 1921 silam.

Area kedua di lantai dasar menjadi rumah bagi seluruh model sepeda motor balap Moto Guzzi, termasuk koleksi kendaraan legendaris seperti Otto Cilindri. Pada area ini juga terdapat ruang yang didedikasikan khusus untuk mendiang Omobono Tenni, pembalap legendaris Moto Guzzi yang memenangkan Tourist Trophy pada 1937.

Pada bagian ketiga dari ruang pameran baru ini menampung model-model langka, seperti 3X3 “Mulo Meccanico” sebagai kendaraan kerja di dekade 1960-an dengan penggerak tiga roda dan sespan Trialce, yang pertama kali diproduksi pada 1940 silam.

Sementara di lantai kedua, terdapat model-model produksi tahun berikutnya hingga awal milenium baru, serta berbagai sepeda motor untuk fungsi militer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jam Operasional dan Gratis untuk Umum

Disebutkan, ada beberapa motor legendaris yang dipamerkan di museum ini, seperti G.T. “Norge” yang diproduksi di akhir dekade 1920an, lalu Sport 15 sebagai kreasi futuristik yang berasal dari masa tahun 1930an, dan Guzzino dari tahun 1940an.

Ada pula Falcone yang diterima luas di kancah budaya populer, Galetto 192 dan V7 Sport yang berkesan sporty bagi muda-mudi di era 1970an. Koleksi juga semakin lengkap dengan dipajangnya V50, Daytona 1000 yang super sporty, Griso yang lebih baru dan MGX-21 yang tampil unik.

Sekadar informasi, Moto Guzzi Museum buka dari Senin hingga Sabtu. Khusus hari Senin hingga Kamis, Museum buka dari pukul 2.30 siang hingga 4.30 sore waktu setempat, serta kunjungan harus melalui pemesanan sebelumnya.

Adapun jam operasional untuk hari Jumat dan Sabtu diperpanjang hingga delapan jam, akses masuk gratis dari pukul 10.00 pagi waktu setempat hingga pukul 6.00 sore, serta pemandu tur tersedia jika dipesan terlebih dahulu.