Sukses

Bawa Rifat Juara, Ini Rahasia Ketangguhan Mitsubishi Xpander AP4 di Ajang Reli

Mobil reli Mitsubishi Xpander Ap4 berhasil mengantarkan Rifat Sungkar menjuarai ajang nasional sprint rally 2021

Liputan6.com, Jakarta - Mobil reli Mitsubishi Xpander Ap4 berhasil mengantarkan Rifat Sungkar menjuarai ajang nasional sprint rally 2021. Pencapaian itu merupakan perjalanan panjang setelah di beberapa perlombaan sebelumnya, mobil dari pabrikan berlambang tiga berlian ini menjalani berbagai tahapan kejuaraan yang digelar tahun ini.

Di seri pamungkas, Meikarta Sprint Rally pada 26 dan 27 November lalu, pembalap kelahiran 22 Oktober 1978 itu berhasil menggeber Mitsubishi Xpander hingga maksimal. Di dua seri tersebut, Rifat dan navigator M Redwan berhasil berada di posisi ketiga, dan berhak menyabet posisi teratas di kejuaraan nasional sprint rally 2021.

Dijelaskan Rifat Sungkar, keberhasilannya di ajang sprint reli nasional 2021 setidaknya membuktikan bahwa mobil keluarga juga bisa digunakan untuk kegiatan balap. Mobil keluarga Low MPV seperti Mitsubishi Xpander ternyata mampu bersaing dengan mobil-mobil reli lain dengan jenis yang berbeda.

"Ini agak gila karena balapan (pakai) MPV, karena semua orang gunakan hatchback," ujar Rifat Sungkar.

Ia melanjutkan, konsep mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang dia gunakan sedikit banyak terbantu dari kondisi topografi lokasi sprint reli yang ada di Indonesia. Menurutnya lokasi yang digunakan tidak berorientasi pada kecepatan tinggi.

Jadi fungsi dari aerodinamika yang ada tidak begitu berpengaruh pada handling atau pengendalian mobil.

Beberapa kelebihan yang dia rasakan selama lomba dengan Mitsubishi Xpander AP4 adalah dimensinya. Menurut dia dimensi mobil tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil reli yang pernah ada, misalnya Mitsubishi Evolution.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontras dengan Mobil Reli Lain

Selain itu, tinggi mobil yang dikendarai memang sangat kontras jika dibandingkan mobi reli lainnya. Hanya saja itu bisa diakali dengan mengatur suspensi yang lebih mumpuni.

"Untuk Xpander kita, begitu duduk dalam mobil, saya enggak merasa duduk di mobil lain. Tapi seperti duduk di mobil (Mitsubishi) Evolution," tegasnya.

Sebagai informasi, keterlibatan Mitsubishi Xpander AP4 di ajang lomba sprint reli nasional memang sekaligus dijadikan sebagai laboratorium alam. Selama mengikuti ajang itu, dia mendapatkan banyak masukan agar nantinya Mitsubishi bisa mengembangkan mobil yang jauh lebih baik agi.

"Siksaan yang gue kasih ke mobil itu memang sangat amat berat kali ya. Tapi mobilnya lolos dan bisa bikin kita juara. Puas banget akhirnya," pungkas Rifat.

3 dari 3 halaman

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.