Sukses

Netizen Indonesia Pakai Fitur Canggih Motor Ini, Valentino Rossi Juga Lho!

Motor-motor baru hadir dengan berbagai teknologi yang semakin canggih, salah satunya dapat menghubungkan motor dengan smartphone

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, motor-motor baru hadir dengan berbagai teknologi yang semakin canggih. Bahkan teknologi yang selama ini ada pada kendaraan roda empat atau mobil sudah diaplikasikan pada motor.

Untuk kamu yang berencana atau sekarang sedang mencari motor baru sebagai kendaraan sehari-hari, ada beberapa fitur yang perlu kamu pastikan hadir di motor pilihan. Mulai dari Smart Key System (SKS), Smart Motor Generator (SMG), Anti-lock Braking System (ABS) hingga mesin berteknologi canggih yang mendukung performa motor selalu optimal dan tetap irit.

Namun secanggih apapun fitur-fitur sebuah sepeda motor, tidak lengkap bila tidak ada fitur yang bisa menghubungkan motor dengan smartphone. Alasannya tentu saja, karena setiap aktivitas masyarakat saat ini banyak berhubungan dengan smartphone. Bila urusan pekerjaan, bisnis, perbankan, dan sekolah saja bisa diakses dengan smartphone, kenapa tidak untuk urusan motor yang selama ini selalu menjadi kendaraan di perjalanan.

Bahkan Valentino Rossi juga pakai fitur canggih ini yaitu Y-Connect! Hal itu ditunjukkannya saat datang ke Jakarta di awal tahun 2020 lalu saat peluncuran Y-Connect yang merupakan inovasi Yamaha yang membuat pengendara dapat terkoneksi dengan motor. Saat itu Valentino Rossi ikut mendemonstrasikan cara penggunaan Y-Connect pada handphone. Legenda MotoGP itu dibuat kagum dengan kecanggihan fitur tersebut.

Ingin sepeda motor yang dilengkapi dengan fitur yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Maxi Yamaha Series. Line up baru seperti All New Nmax 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected telah dilengkapi dengan fitur Y-Connect yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone melalui teknologi Communication Control Unit (CCU).

Y-Connect ini merupakan teknologi pertama di motor buatan Indonesia yang dapat membantu pengguna mendapatkan banyak informasi seputar kondisi sepeda motor dan data berkendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biker Yamaha Maxi Bicara Keunggulan Aplikasi Y-Connect

Herwin Sinaga, member Kombes (Komunitas MAX Kabupaten Semarang) dalam sebuah video di Youtube bertajuk Maxi Ngopi, mengatakan sejak Yamaha meluncurkan Maxi Series, dirinya yang sehari-hari mengandalkan motor sebagai moda transportasi mulai berpindah ke motor Maxi Series. Dari Nmax, Xmax dan sekarang menggunakan All New Aerox 155 Connected.

Bukan saja sisi desain yang menarik dan mesin bertenaga tetapi tetap irit, melainkan juga sejumlah fitur safety dan fitur Y-Connect yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone.

"Y-Connect itu aplikasi yang bisa dikoneksikan ke motor. Kita install di hape setelah itu bisa dikoneksikan ke motor. Fungsi Y-Connect banyak sekali. Salah satunya untuk mengecek berapa kilometer jalan dan cek posisi parkir terakhir dimana, kemudian cek oli, aki dan lain-lain. Aplikasi itu diciptakan agar pengguna lebih tahu dan paham kondisi motornya. Sehingga kita gak perlu lagi ngecek manual," ujarnya.

Untuk dapat menggunakan fitur Y-Connect secara maksimal, pemilik kendaraan Yamaha Maxi Series harus terlebih dahulu mendownload aplikasi Y-Connect melalui app store (iOS) atau play store (Android). Lalu melakukan pairing terlebih dahulu yang dapat dilakukan dalam tiga cara yaitu scan stiker barcode nomor rangka (pada motor baru ditempel di jok motor), scan QR code pada perangkat CCU, atau input secara manual nomor rangka motor pada aplikasi.

Setelah terkoneksi, pengguna akan langsung masuk ke halaman utama dan dapat melihat indikator kondisi aki dan oli. Jika indikator oli dan aki berwarna hijau maka kondisi dalam keadaan normal. Jika indikator berwarna kuning perlu dilakukan pengecekan. Jika indikator berwarna merah maka perlu dilakukan penggantian. Reset indikator aki dan oli setelah dilakukan penggantian.

Ketika berkendara, Y-Connect tetap bekerja. Aplikasi ini terus memonitor bukaan gas serta kondisi berkendara eco-riding. Apabila ada telpon atau pesan masuk pada smartphone, maka indikator notifikasi pada speedometer akan menyala. Notifikasi telpon atau pesan/email yang masuk ini menjadi salah satu manfaat yang sangat penting di mata Herwin.

"Saat hape masuk tas itu kan tidak terdengar, getarnya pun tidak berasa. Jadi notifikasi itu sangat penting. Misalnya kemarin beberapa hari lalu, saya ada telepon penting, kalau tidak ada Y-Connect tadi, saya gak tahu kalau ada telepon penting,” cerita Herwin.

Manfaat Y-Connect masih belum berhenti. Dengan aplikasi tersebut, pemilik kendaraan bisa mengetahui lokasi terakhir parkir sepeda motor saat motor disconnected dengan smartphone. Aplikasi akan tersambung dengan google map yang akan menuntun pemilik kendaraan ke lokasi parkir.

Pada halaman konsumsi BBM, pengguna dapat melihat konsumsi bahan bakar dari hari ke hari. Dari situ, pengguna bisa mengevaluasi gaya berkendara misalnya saat berboncengan, macet, melaju cepat. Dari evaluasi itu diharapkan dapat lebih hemat bahan bakar. Lebih dari itu, aplikasi Y-Connect akan memberikan notifikasi email jika terdapat masalah atau kerusakan pada sepeda motor.

Ditambah lagi dengan fitur Revs Dashboard yang menampilkan data seperti sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, berkendara yang ekonomis. Dan fitur Rank yang memberikan pengalaman lebih seru dalam menikmati aktivitas berkendara melalui kompetisi dengan sesama pengguna connected model dari Yamaha. Kompetisi tersebut tersaji dalam dua kategori yaitu eco point atau keiritan berkendara serta jarak tempuh (mileage) terjauh.

Memilih Yamaha Maxi model Connected yang dilengkapi dengan aplikasi Y-Connect membuat pengalaman berkendara terasa canggih maksimal. Untuk informasi lebih lanjut terkait aplikasi Y-Connect silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di https://www.yamaha-motor.co.id/yamahamobileapps/

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.