Sukses

Ducati Akan Sematkan Fitur Adaptive Cruise Control

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan sepeda motor asal Italia, Ducati, sudah mulai mempersiapkan fitur unggulan pada motor terbarunya, Multistrada V4S. Adapun teknologi yang akan dibenamkan adalah adaptive cruise control serta blind spot monitoring.

Teknologi yang mirip dengan fitur unggulan pada mobil ini akan menggunakan nama Advance Rider Assistance System (ARAS). Fitur tersebut merupakan pengembangan yang dilakukan oleh Bosch yang dapat mempertahankan laju kendaraan tanpa mengoperasikan gas.

Dalam fitur yang sudah diuji coba oleh Ducati, mereka mengatakan Adaptive Cruise Control Multistrada ini dapat diatur saat kecepatan motor berada pada 30 dan 160 kpj. Hal tersebut juga tergantung pada persneling yang digunakan.

Selain itu, pada teknologi ini, bikers juga dapat mengikuti sepeda motor dan mobil dengan kecepatan yang konstan. Jika kendaraan yang di depannya melakukan pengereman, maka motor tersebut akan memperlambat akselerasi dan sistem akan non aktif ketika ada peringatan ditampilkan dalam jarak dekat.

Berbekal fitur Adaptive Cruise Control, fungsi lain yang bisa dimanfaatkan adalah mengurangi atau meningkatkan kecepatan, menjaga jarak antar kendaraan, serta mengikuti kecepatan yang dipakai oleh kendaraan yang ada di depannya.

 

2 dari 3 halaman

Ditambah dengan Fitur Blind Spot Monitoring

Sebagai terobosan baru yang akan dibenamkan, Ducati, sudah mempersiapkan fitur blind spot monitoring. Multistrada V4S akan dilengkapi dengan sensor radar jarak untuk mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang.

Jika ada kendaraan yang memasuki area blind spot, maka LED yang ada di kaca spion motor akan menyala dan memberi tahu ada kendaraan mendekat.

Tidak hanya itu, peringatan tersebut juga akan tetap bekerja ketika motor tengah berbelok dan menggunakan LED tersebut. Jika dalam kondisi tersebut, maka LED akan berkedip dengan sangat cepat untuk memberikan peringatan kepada pengguna motor tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Biang Kerok Lonjakan Covid-19 di Indonesia