Sukses

Pengguna Mobil Canggih Wajib Tahu, Ini Etika Menggunakan Cruise Control

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil varian tertinggi keluaran terbaru biasanya sudah memiliki fitur adaptive cruise control. Meskipun cukup membantu saat perjalanan jarak jauh, jangan sampai pengemudi terlena.

Hal ini pula yang dijelaskan oleh Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant, kepada Liputan6.com. Menurutnya, meskipun teknologi tersebut bisa menggantikan peran pengemudi dalam beberapa waktu, tapi sejatinya pengemudi tetap harus fokus dalam berkendara dan jangan lengah terhadap keselamatan berkendara.

"Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) atau apapun fitur nya, itu tidak menggantikan fungsi pengemudi. Karena itu bukan fitur full auto pilot yang bisa diambil alih oleh komputer. Jadi fitur ACC ini sifatnya melengkapi atau membantu tugas pengemudi menjadi lebih ringan," jelas Sony, kepada Liputan6.com.

Di samping itu, meskipun fitur ACC juga terintegrasi dengan fitur keselamatan lainnya, pria yang sudah malang melintang di dunia safety driving ini menegaskan pengemudi menjadi kunci dalam keselamatan saat berkendara.

"Posisi pengemudi tetap harus dalam keadaan standby," tambahnya singkat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Harus Paham Mengenai Fitur Tersebut

Sebelum mengandalkan fitur tersebut, Sony, juga mengingatkan agar pengemudi dapat mengenali dulu berbagai fitur tersebut. Cara mengaktifkan dan menonaktifkan, juga perlu karena hal ini akan berhubungan dengan keselamatan dalam berkendara.

"Kenali fitur-fitur yang ada, baik itu secara fungsinya dan cara mengaktifkannya dahulu sebelum berkendara. Sehingga tahu kapan waktunya dapat bekerja sama untuk saling membantu atau mengingatkan serta meminimalkan resiko kecelakaan dalam berkendara," tandas Sony.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS