Sukses

Rahasia Dibalik Tangguhnya Mitsubishi Xpander AP4 di Ajang Reli

Liputan6.com, Jakarta - Mobil reli garapan pembalap nasional, Rifat Sungkar, Mitsubishi Xpander AP4 mulai menjuarai berbagai ajang balap Tanah Air. Terakhir, mobil balap berstatus kendaraan keluarga ini mampu menyabet gelar juara di Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021.

Berbicara spesifikasi, Mitsubishi Xpander AP4 ini tentu saja sudah diubah dengan cukup ekstrim oleh Rifat. Hal yang menjadi perhatian pertama, adalah bobot mobil ini.

Suami dari artis Sissy Priscillia ini awalnya sangat tertarik dengan bobot Mitsubishi Xpander, sebesar 1.780 kilogram.

Tentu saja, dengan bobot yang masih bisa direduksi, Rifat yakin bisa mengubah pesaing Toyota Avanza ini menjadi mobil reli kategori AP4, yaitu dengan konsep produk lokal dan menggunakan suku cadang non-impor.

Selain bobot yang harus standar balapan, mesin juga. Jadi, Xpander Ap4 ini juga mengalami ubahan jantung penggerak.

"Mesin 1.600cc, bobot minimal 1.230 kg. Kalau mesin 1.800cc dan beratnya 1.300, itu over weight," jelas Rifat dalam akun channel videonya, Rifato, dilihat Rabu (14/4/2021).

Sementara itu, mesin Xpander AP4 ini sudah tidak lagi menggunakan versi standar, dan diganti dengan mesin Lancer Evo X berkapasitas 2.000cc yang diturunkan (destroke dan sleeved) menjadi 1.600cc dengan turbocharger.

Dengan spesifikasi tersebut, mampu menghasilkan daya hingga 350 Tk dengan torsi 555 Nm dan kecepatan maksimal 187 km /jam.

2 dari 4 halaman

Transmisi

Sedangan ECU mengandalkan Motec, dan kontrol diatur perangkat power distribution module (PDM) dengan merek Motec juga. Dengan kombinasi tersebut, mobil lebih mudah dikontrol oleh sang pembalap.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi sekuensial Xtrac 6-percepatan, diferensial dan gardan satu merek.

Pemilihan girboks ini juga tidak sembarangan, karena disesuaikan dengan spesifikasi balap reli di kategori AP4 serta R5.

 

3 dari 4 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: