Sukses

Ini Dia Skutik Pertama yang Beredar di Indonesia

Motor matik atau skuter matik (skutik) menjadi jenis kendaraan roda dua yang paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Namun tahukah Anda skutik pertama yang beredar di Tanah Air?

Liputan6.com, Jakarta - Motor matik atau skuter matik (skutik) menjadi jenis kendaraan roda dua yang paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Namun tahukah Anda skutik pertama yang beredar di Tanah Air?

Sejauh ini, Vespa Corsa dianggap sebagai motor matik pertama di Indonesia. Namun dugaan itu salah, sebab motor  matik pertama di Tanah Air adalah Hatsuda Adly. Melansir laman Federal Oil, berikut ulasan lengkapnya.

Vespa Corsa diluncurkan di Italia pada tahun 1984. Kemudian masuk ke Tanah Air melalui PT Dan Motor Indonesia pada tahun 1991.

Sedangkan di tahun itu motor matik Hatsuda Adly sudah ada di Indonesia selama 3 tahun. Kendaraan roda dua ini diluncurkan pada 1988.

Berdasarkan postingan akun Instagram @motortuaklasik pada 8 November 2020, motor matik asal Jepang ini masuk pasar Indonesia lewat ATPM PT Hada Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilihan Mesin

Hatsuda Adly sendiri hadir dengan dua pilihan mesin 2-tak, yakni 50cc dan 100cc CDI. Hatsuda Adly 50cc memiliki tenaga 6,1 dk pada 6.500 rpm dan torsi 5,9 Nm pada 5.000 rpm.

Sementara itu, mesin 100cc memiliki tenaga 8,4 dk pada 6.500 rpm dan torsi 5,9 Nm pada 5.000 rpm.

Sayangnya PT Hada Indonesia mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1990. Alhasil motor matik ini tutup usia alias tak lagi dijual di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.