Sukses

Mengingat Kembali Pentingnya Memakai Helm Saat Naik Motor

Saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor, salah satu perlengkapan yang wajib digunakan adalah helm. Alasannya bukan untuk mencegah agar tidak ditilang saja, melainkan untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor, salah satu perlengkapan yang wajib digunakan adalah helm. Alasannya bukan untuk mencegah agar tidak ditilang saja, melainkan untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Dilansir Federal Oil, Anda sebaiknya menggunakan helm sebelum kepala terbentur. Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin keselamatan kita saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan. 

Dengan memakai helm saat berkendara dapat meminimalkan resiko terbenturnya kepala pada suatu benda bila pengendara motor terjatuh atau mengalami kecelakaan. Helm memang tidak menjamin seluruh organ tubuh akan aman, namun akan melindungi kepala Anda.

Itulah pentingnya selalu mengenakan helm sebagaimana mestinya. Maksudnya, setiap pemotor atau penumpangnya yang berkendara di jalan raya harus selalu mengenakan helm dan mengikat tali dagunya. Oleh karena itu, Anda wajib mengenakan helm dan memasang tali pengikat dengan tepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Musim Hujan, Jangan Lupa Bersihkan Kaca Helm Sebelum Berkendara

Kaca yang terletak di bagian depan helm atau visor merupakan salah satu komponen penting. Hal ini tak terlepas dari fungsinya untuk melindungi pandangan pengendara dari debu, pasir, hewan-hewan kecil dan sinar matahari.

Dengan kaca helm, berkendara akan jauh lebih nyaman. Meski memiliki peranan penting, banyak pengendara tak memperhatikan kondisi visor, sehingga mudah kotor dan mengganggu jarak pandang. 

Untuk membersihkan visor ternyata sangatlah mudah, berikut ulasannya seperti dilansir Wahana Honda, Kamis (31/12/2020).

1. Lepaskan kaca helm

Hal pertama yang harus dilakukan ialah melepaskan kaca helm terlebih dahulu. Meski demikian, langkah ini merupakan opsional atau tergantung keinginan pemilik.

Jika pengendara sedang terburu-buru dan tidak sempat melepasnya, tidak masalah untuk langsung membersihkan kaca helm yang masih terpasang.

2. Basahi kaca helm

Langkah selanjutnya, Anda harus membasahi kaca helm dengan air bersih atau air sabun. Ini dilakukan untuk menghilangkan seluruh debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca.

Seperti yang kita tahu, keberadaan kaca helm memang digunakan sebagai penangkal debu ataupun benda asing yang dapat mengganggu pandangan pengendara.   

Baca selengkapnya di sini.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.