Sukses

Ini Fungsi Gasket atau Paking Motor yang Jarang Diketahui

Merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian mesin, Gasket menjadi penyekat pada blok mesin. Penggunaan komponen ini berguna mencegah terjadinya kebocoran, baik pada kompresi, gas pembakaran oli, maupun air pendingin.

Liputan6.com, Jakarta - Gasket atau paking motor merupakan penyekat pada bagian blok mesin. Penggunaan komponen ini berguna mencegah terjadinya kebocoran, baik pada kompresi, gas pembakaran oli, maupun air pendingin.

Direkatkan atau dipasang di atas permukaan dua objek, komponen ini berisi cairan fluida. Karena itu, apabila terjadi kebocoran, hal ini tentu sangat berbahaya.

Tak hanya itu, komponen ini juga harus tahan panas serta tekanan saat mesin digunakan. Prakteknya, gasket harus mampu bekerja sama dengan sambungannya, sehingga bekerja secara maksimal.

Selain itu, komponen ini juga digunakan pada flange untuk menyambung pipa-pipa pada sepeda motor. Berbentuk seperti kertas, gasket akan direkatkan antara celah besi, yang berfungsi untuk mencegah rembes oli pada bagian vital mesin.

Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi gasket seperti dilansir Suzuki Indonesia:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Kebocoran dan Mempertahankan Kerapatan

Komponen ini berfungsi menjadi penyekat diantara cylinder block dan head cylinder, sehingga tidak terjadi kebocoran oli.

Dengan demikian, oli tidak akan masuk ke saluran radiator atau sebaliknya dan supaya merembes ke ruang bakar.

Komponen ini juga berfungsi untuk mempertahankan kebutuhan kerapatan serta mencegah kebocoran ketika terjadi proses kompresi.

Tujuannya, agar ruang bakar bisa tertutup dengan sempurna dan kompresi maksimum bisa terjadi diruang bakar.

 

3 dari 4 halaman

Menahan Tekanan

Fungsi selanjutnya adalah menahan tekanan supaya tidak menyebar dari siliderhead ke celah blok. Sepeda motor biasanya mempunyai blok mesin serta silinder head yang dibaut pada bagian atas.

Menyalurkan Panas

Komponen ini juga berfungsi sebagai penyalur panas dari blok silinder ke blok silinder head.

Dalam hal ini, gasket paking yang digunakan biasanya adalah paking logam. Fungsi ini juga berkaitan dengan fungsi pertama, yakni mencegah kebocoran.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.