Sukses

Yamaha MT-09 2021 Resmi Diperkenalkan, Simak Segudang Fitur Barunya

Yamaha MT-09 versi 2020 memang baru datang ke Indonesia. Namun, versi terbaru dari naked bike tersebut rupanya sudah dipersiapkan oleh Yamaha Motor USA.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha MT-09 versi 2020 memang baru datang ke Indonesia. Namun, versi terbaru dari naked bike tersebut rupanya sudah dipersiapkan oleh Yamaha Motor USA.

Ubahannya pun terbilang masif lantaran menyentuh beberapa sektor, mulai dari desain, fitur hingga mesin. Bagaimana wujudnya?

Dari tampang jelas jauh berbeda ketimbang model eksis. Usungan empat buah lampu projector yang menjadi salah satu identitas, tak lagi ditemui pada MT-09 2021. Pasalnya, penerangan utama itu kini hanya menyisakan satu unit saja. Tak perlu khawatir ihwal kualitas pendaran, lantaran ukurannya pun lumayan besar. Secara keseluruhan bagian ini jauh lebih modern. Ditambah lagi penambahan sepasang DRL LED yang mendampingi headlamp. Jenis lampu serupa pun kini teraplikasi di lampu sein - bukan bohlam seperti unit kode produksi 2020.

Penegasan sosok Master of Torque nan agresif diperlihatkan pula melalui pahatan cover tangki. Tetap saluran udara, hany saja posisinya kini lebih ke atas. Meskipun rasanya tak ada ubahan menyasar bentuk jok atau desain buritan. Seperti bagian depan, lampu belakang pun sudah menggunakan lampu hemat daya tersebut.

Namun, Yamaha MT-09 terbaru tak menggunakan pelindung roda tambahan untuk menahan cipratan air. Terlihat makin kompak. Dengan begitu, makin tereksploitasi lah area rangka dan bongkahan mesin kepunyaannya. Apalagi berkat pemilihan saluran buang model under belly yang masih dipertahankannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jantung Mekanik

Jantung mekanik pun rupanya alami pengembangan. Yamaha MT-09 tidak lagi menggendong mesin tiga silinder 847 cc, melainkan membengkak jadi 890 cc. Jangan ditanya soal output, sudah pasti meningkat dari versi sebelumnya. Dikatakan oleh Visordown, sekarang dia sanggup melontarkan daya sebesar 120 Tk (sebelumnya cuma 114 Tk). Sayang, data teknis lain semisal torsi belum diumumkan, walau logikanya ikut terdongkrak. Yang pasti hal itu disalurkannya ke roda belakang lewat transmisi enam percepatan. Sebuah kepastian lagi, motor ini tetap menyajikan perangkat Assist and Slipper Clutch agar pengoperasian kopling menjadi ringan. Selain itu, bertugas juga mengeliminir gejala roda belakang terkunci saat terjadi downshift secara cepat. Satu lagi, MT-09 2021 sudah memenuhi standar regulasi emisi gas buang Euro 5.

Hal baru juga diberikan pada ranah informasi di panel meter. Dengan bentuk lebih besar, mengotak dan TFT multicolor?pasti jauh lebih mudah untuk dimanfaatkan sang pemilik. Terutama melihat data fundamental si MT-09. Belum lagi penambahan seperti mode berkendara maupun traction control. Tapi model anyar justru mendapatkan Quick shifter, bahkan sudah two way system alias naik-turun proses perpindahan gigi tanpa harus menekan tuas kopling. Aplikasi ini sebelumnya absen di generasi terdahulu.

 

3 dari 4 halaman

Dijual Awal 2021

Muncul dugaan, pabrikan Garpu Tala baru akan meniagakannya secara global mulai awal 2021. Malah bukan cuma MT-09 saja. Rumor berhembus bahwa ada kemungkinan sang adik yaitu Yamaha MT-07 2021 ikut diperkenalkan ke publik dalam waktu dekat. Patut dinantikan, walau motoris Tanah Air kemungkinan besar mendapatkan pasokan MT-09 dan MT-07 itu terlambat lagi. Untuk informasi tambahan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku pemegang merek, menjual kedua MT Series masing-masing Rp 290 juta dan Rp 243 juta. Andaikan Yamaha Indonesia menghadirkannya tahun depan, berapa banderol yang cocok untuk MT-09 maupun MT-07?

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.