Sukses

Meluncur Besok, Uji Tabrak Toyota Fortuner Raih Bintang 5

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Fortuner versi facelift siap meluncur di pasar otomotif Tanah Air, Kamis (15/10/2020). Namun, sebelum resmi diniagakan di Indonesia, sport utility vehicle (SUV) ladder frame andalan raksasa asal Jepang ini, sudah terlebih dahulu uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP (new car assessment program).

Melansir Paultan, dalam laporan yang dikeluarkan, Toyota Fortuner ini mendapatkan peringkat keselamatan bintang lima. Pengujiannya sendiri, dilakukan berbarengan dengan Toyota Hilux, yang menggunakan sasis yang sama pada Agustus 2020.

Dalam tabrakan bagian depan, Toyota Fortuner memberikan perlindungan yang baik pada kepala hingga tubuh pengemudi, dan penumpang dewasa.

Toyota Fortuner menerima skor keseluruhan sebesar 87,46 poin. Jika secara detail, nilai untuk benturan frontal sebesar 14,53, benturan samping 16,0, dan perlindungan kepala 3,50 dan lebih tinggi dibanding Hilux yang hanya 2,40.

Sedangkan untuk perlindungan dewasa, mendapatkan nilai 47,27 poin, perlindungan anak-anak 22,13 poin, dan safety assist 18,06 poin.

Sebagai informasi, dalam pengujian ini, menggunakan Toyota Fortuner varian 2.8D produksi 2020, dengan tiga airbag. Mobil ini sendiri, telah dijual di Thailand, dan diekspor ke Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Singapura.

2 dari 5 halaman

Toyota Fortuner Baru Bakal Naik Harga Hingga Rp20 Juta, Kemahalan?

Rencananya, Kamis (15/10), Toyota Fortuner baru akan meluncur. Sejumlah perubahan dan penambahan fitur dilakukan Toyota Astra Motor untuk menambah ganteng SUV andalannya. 

Selain soal kepastian wujud dan fitur baru yang akan menyertainya, konsumen sangat penasaran dengan harga yang bakal dibanderol. Akankah harganya naik di saat orang banyak menahan uangnya selama pandemi Covid-19?

Harga adalah hal sensitif dalam pemasaran. Apalagi tersiar kabar, lawan berat Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport juga akan mengalami siklus yang sama, facelift.

Dari perbincangan redaksi Otosia dengan seorang tenaga penjual Toyota, dibisikan memang akan ada kenaikan harga. Cukup signifikan katanya walau memang belum ada resmi dari Toyota Astra Motor.

 

3 dari 5 halaman

Kenaikan Harga

Katanya sales person tadi, kenaikan harga Toyota Fortuner baru berkisar di angka Rp10-20 jutaan. Tentu perbedaannya juga tergantung pada masing-masing varian.

"Soal harga Toyota Fortuner baru memang belum pasti, tapi kenaikannya sekitar Rp10-20 juta. Nanti harga pastinya diumumkan waktu peluncurannya tanggal 15," terang tenaga penjual Toyota yang tak ingin disebut namanya itu.

Saat ini, Toyota Fortuner 4x2 2.4 G MT DSL sebagai varian termurah dibanderol Rp492,95 juta. Sedangkan harga model tertingginya, Toyota Fortuner 4x4 2.4 VRZ AT DSL mencapai Rp685,05 juta.

Artinya, dengan kenaikan Rp10-20 jutaan, tipe terendah Toyota Fortuner berkisar di angka Rp502 jutaan. Sementara itu, varian tertinggi mobil SUV ladder-frame tersebut sudah menembus Rp700 juta, mungkis sekitar Rp705 jutaan.

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: