Sukses

Tak Banyak yang Tahu dan Paham, Ini Fungsi Tie Rod Mobil

Terletak antara steering gearbox dan knuckle roda, tie rod merupakan komponen penghubung kemudi dengan roda mobil. Sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara, ayo berkenalan dengan komponen ini lebih jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Tie rod merupakan komponen penghubung kemudi dengan roda mobil. Posisinya berada antara steering gearbox dan knuckle roda. Komponen ini sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

Bentuk tie rod sangat beragam dan tidak sama untuk setiap jenis mobil. Pada jenis kemudi yang menggunakan steering rack, ada dua jenis tie rod yang dikenal, yaitu rack end (long tie rod) dan tie rod end.

Sedangkan long tie rod, merupakan alat yang dipasang dan terhubung pada bagian ujung steering rack. Jadi alat ini langsung berhubungan dengan kemudi mobil.

Sedangkan tie rod end dipasang dan langsung terhubung dengan roda mobil. Baik long tie rod maupun tie rod end sama-sama berperan penting bagi sistem kemudi mobil.

Ada beberapa fungsi penting dari keberadaan alat ini. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, berikut empat fungsi tie rod seperti dilansir Suzuki Indonesia, Senin (5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menggerakkan Putaran Roda Ke Depan

Tie rod berada antara ujung steering gear pada kemudi dan steering knuckle roda mobil.

Saat pengemudi membelokkan arah kemudi, maka gerakan memutar dari batang setir akan berjalan menuju steering gear box yang kemudian terjadi tarikan dan dorongan.

Gerakan ini akan diteruskan tie rod mobil yang digunakan untuk menarik maupun mendorong sebagian sisi roda bagian depan mobil. Sehingga, roda akan bergeser atau berbelok sesuai arah kemudi.

2. Menggerakkan Putaran Roda Ke Depan

Tie rod berada antara ujung steering gear kemudi dan steering knuckle roda mobil.

Saat pengemudi membelokkan arah kemudi, maka gerakan memutar dari batang setir akan berjalan menuju steering gear box yang kemudian terjadi perubahan menjadi tarikan dan dorongan.

Gerakan yang terjadi ini akan diteruskan tie rod untuk menarik maupun mendorong sebagian dari sisi roda bagian depan mobil, sehingga roda akan bergeser atau berbelok sesuai arah kemudi.

3 dari 3 halaman

3. Mengatur Jarak Roda Depan

Terdapat dua jenis tie rod, yakni toe in dan toe out. Fungsi toe in adalah mengatur roda depan bisa berputar dengan lurus dan stabil.

Selain itu, toe in juga berfungsi mencegah aus yang terjadi tidak merata pada ban. Pengaturan bisa dilakukan dengan mengatur panjang pendek ulir antara long tie rod mobil dan tie rod end.

4. Peredam Getaran

Tie rod mobil juga berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi akibat putaran pada batang kemudi. Alat ini dilengkapi dengan ball joint yang bisa menimbulkan gerakan ke segala arah.

Long tie rod akan meredam getaran ke atas dan ke bawah roda. Sedangkan tie rod end akan memutus gerakan ke kanan dan ke kiri roda mobil. Dengan cara kerja ini, gerakan dari mobil tidak akan merambat sampai ke kemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini