Sukses

Bukan Scuba, 3 Jenis Masker Ini Sanggup Mengadang Corona Covid-19

Demi mencegah penularan Corona Covid-19, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker yang memadai.

Liputan6.com, Jakarta - Demi mencegah penularan Corona Covid-19, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker yang memadai.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menjelaskan bahwa terdapat 3 jenis masker yang dianjurkan yakni maske N95, masker bedah, dan masker kain.

"Masyarakat tidak boleh sembarangan menggunakan masker kain, terutama kain tipis seperti masker scuba dan buff. Yuri mengatakan penggunaan masker kain setidaknya dua lapis," katanya, melalui keterangan pers, ditulis Rabu (23/9/2020).

Masker kain maksimal hanya dapat dipakai selama 3 jam, setelah itu harus diganti dengan masker bersih, karena lapisan kain bagian dalam masker dapat menyerap cairan dari mulut kita.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Efektif

Selain ketiga bahan diatas, menurut Yuri, masker dengan bahan yang lain tidak akan efektif untuk mencegah penularan COVID19, karena bahannya yang dianggap tidak cukup kecil untuk menahan droplet yang dikeluarkan oleh mulut ataupun hidung.

Mengenai pembahasan panjang soal Covid-19, kita tahu bahwa virus ini dapat menyebar secara cepat melalui percikan droplet baik saat bersin ataupun batuk. Menggunakan masker adalah salah satu cara paling efektif untuk menahan droplet tersebut menyebar.

 

3 dari 4 halaman

Jaga Jarak

Selain masker, Achmad mengimbau untuk tetap menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang lain untuk mencegah proses penularan secara efisien.

Sumber: Health Liputan6.com

Penulis: Deskhila Wijaya

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.