Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Belakang

Penggerak roda mobil yang banyak diminati di Indonesia, adalah roda belakang atau rear wheel drive (RWD)

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi jalan di Indonesia sangat beragam, mulai dari yang lurus hingga jalur pedesaan yang berbatu, tanah, dan tidak jarang berlubang dan rusak. Melihat kondisi tersebutlah, banyak pabrikan yang menyediakan mobil dengan segala jenis penggerak, mulai dari roda depan, roda belakang, dan semua roda.

Melansir laman resmi Mobil88, penggerak roda mobil yang banyak diminati di Indonesia adalah roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Jenis penggerak ini, digunakan di berbagai model, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, dan juga Mitsubishi Pajero Sport.

Sistem penggerak roda belakang (RWD) ini memiliki beberapa keunggulan. Sesuai namanya, sistem penggerak roda belakang ini terpisah dengan sistem kemudi, yang terletak di roda depan.

Jadi, masing-masing roda depan dan belakang memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Sehingga mobil dengan sistem penggerak roda belakang biasanya memiliki kaki-kaki lebih awet dan performa lebih tangguh di medan ekstrem. Karena memang komponen steering dan penggerak kendaraan terbagi depan dan belakang, sehingga beban komponen roda depan tidak terlalu terforsir dan membuatnya lebih awet.

Selain itu, dengan cara kerja mendorong, sistem penggerak roda belakang akan lebih handal untuk jalanan menanjak, terjal, dan tidak rata.

Keunggulan lainnya adalah suara berisik di kabin akibat komponen penggerak misal transmisi, juga akan bisa diminimalisisasi, jadi kabin mobil bisa lebih senyap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Sistem Penggerak Roda Belakang

Tidak hanya keunggulan, sistem penggerak ini juga memiliki kekurangan. Penggerak roda belakang memiliki bobot yang berat. Pemindahan tenaga dari depan ke belakang membutuhkan komponen power train lebih banyak, seperti propeller shaft, gardan, as roda belakang, cross joint, dan lain-lain.

Selain menyebabkan bobot kendaraan jadi berat, pemindahan tenaga tersebut juga akan mengalami loss power akibat gesekan di powertrain. Sehingga sistem Penggerak roda belakang ini akan cenderung kurang irit dan kurang responsif dibanding Penggerak roda depan (FWD), dan biasanya potensi terjadi gejala oversteering lebih besar dibanding FWD.

3 dari 4 halaman

Kekurangan Lain

Kekurangan lain pada sistem penggerak roda belakang adalah berupa kabin yang kurang lapang. Pada mobil dengan sistem penggerak roda belakang (RWD), lantai kendaraan menjadi tidak rata, sebab di bawah menjadi tempat untuk sistem transmisi dan propeller shaft.

4 dari 4 halaman

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.