Sukses

PSBB Lagi, Simak 5 Tips Simpan Mobil Kesayangan dengan Aman

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Corona Covid-19 yang masih tinggi di DKI Jakarta, membuat sang Gubernur, Anies Baswedan harus kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali. Dengan begitu, banyak perusahaan yang kembali melakukan kerja dari rumah, dan pastinya banyak kendaraan, termasuk mobil yang tidak akan digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Keadaan tersebut, tentu saja membuat kendaraan roda empat yang jarang digunakan berpotensi mengalami kerusakan. Masalah yang bisa saja terjadi, adalah karat, pertumbuhan jamur di bagian mobil, penyumbatan bahan bakar, memunculkan gas berupa zat asam di dalam tangki oli, dan ban mobil akan mengalami pengempisan.

Menghindari hal tersebut, dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, ada beberapa tips menyimpan kendaraan agar tetap aman:

1. Servis Mobil Terlebih Dahulu

Untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan, lebih baik mobil kesayangan diservis terlebih dahulu. Mengganti oli dan filternya merupakan prioritas utama. Mengisi ulang radiator dengan coolant akan berfungsi melindungi mesin dari elemen korosif seperti uap air dan serbuk logam.

Kemudian isi bahan bakar dengan penuh dan beroktan tinggi untuk mencegah karat pada tangki. Pastikan kelistrikan mobil tetap aman, karena komponen-komponen listrik pada mobil akan rawan rusak ketika jarang digunakan selama PSBB.

2 dari 5 halaman

2. Cuci Mobil Sebelum Disimpan

Rutin membersihkan mobil dapat mencegah rusaknya cat dan karat pada bodi mobil. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat menjaga kualitas warna mobil dan bebas bakteri dari kotoran maupun debu serta zat seperti tar yang menempel pada mobil selama pemakaian.

Usahakan mobil dicuci sendiri di rumah dengan sabun berkualitas dan lap yang lembut agar tidak merusak permukaan mobil.

3. Jauhkan Wiper Pada Kaca

Mobil yang jarang digunakan berpotensi mengganggu kinerja wiper. Karena wiper tidak akan bekerja sehingga menyebabkan karet wiper menjadi keras. Agar tidak mengalami hal tersebut, jauhkan wiper dengan kaca dan berikan space dengan ganjalan yang lembut seperti busa agar tidak langsung menempel pada kaca.

3 dari 5 halaman

4. Perhatikan Ban Mobil

Ban akan kempes imbas dari tekanan udara karena perubahan temperatur selama tidak dipakai. Untuk menghindari hal tersebut, pompa keempat ban mobil hingga tekanan optimal sebelum disimpan. Akan lebih baik jika mobil didongkrak agar beban tidak bertumpu pada roda.

5. Gunakan Cover Mobil

Jaga kondisi mobil dalam keadaan tidak terpakai dengan menggunakan cover mobil. Hal ini berfungsi untuk menghindari permukaan mobil dari debu dan kotoran. Usahakan simpan mobil pada ruangan gelap, tertutup, dan kering.

4 dari 5 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: