Sukses

Dihantam Pandemi, Bengkel Spesialis RX King Ini Tetap Meraup Untung

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 berdampak besar di dunia otomotif. Bengkel perawatan dan modifikasi terkena dampaknya. Namun, bengkel Bajay Motor rupanya berhasil bertahan.

Tapi tunggu dulu, bengkel Bajay Motor bukan berarti spesialis menggarap motor Bajaj, melainkan diambil dari panggilan akrab pemiliknya, Bro Njay. Bengkel yang terletak di Letjen S Parman Cileungsi, Setu Pasirangin, Bogor ini mengambil spesialisasi servis dan restorasi Yamaha RX King.

"Sebenarnya bengkel saya bengkel motor umum, motor apa saja saya terima. Tapi sekarang sudah 3 tahun khusus RX King saja. Tapi kalau ada motor lain masuk, kita tetap terima," ungkap pria humoris ini. 

Bro Njay mengaku pandemi tidak memberi banyak pengaruh terhadap aktivitas bengkelnya. Konsumen yang datang ke bengkelnya tetap ramai. Situasinya sama seperti kondisi normal. Bahkan dalam sebulan bengkel Bajay selalu kebanjiran order dari pemilik RX King yang ingin besutannya dimodifikasi.

"Alhamdulillah buat bengkel saya tidak ada pengaruh (pandemi). Selain juga karena memang anak RX King sudah mau modif yang tidak bisa ditunda-tunda waktunya," ungkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Tak Ada Strategi Khusus

Bro Njay mengaku tidak ada strategi marketing khusus dalam menyikapi situasi pandemi. Semua berjalan seperti biasa. Bahkan tidak ada diskon maupun promosi jor-joran. Meski tanpa diskon, konsumennya rela jauh-jauh datang dari luar kota untuk sekadar servis atau modifikasi di bengkel Bajay.

"Saya tidak ada promosi, biasa saja. Tapi Alhamdulilah, masa pandemi justru banyak yang modifikasi. Banyak kiriman motor dari luar kota untuk dimodifikasi, kayak kemarin ada kiriman dari pulau Bangka," paparnya.

Jenis servis maupun modifikasi yang dilakukan di bengkel Bajay beragam. Namun Bro Njay menyebut modifikasi eye catching banyak dipilih konsumen. "Yang banyak modif main kinclong, sama standaran modif," tukasnya.

 

3 dari 5 halaman

Motor Hobi

Menurut Bro Njay, RX King adalah motor hobi dan sudah menjadi kolektor item 2-tak, sehingga pemiliknya ketika butuh servis atau modifikasi tidak terlalu memikirkan kondisi pandemi. 

"Motor ini kan sudah jadi legendaris, dicintai penggemarnya. Tetap dicari dan dirindukan, jadinya pandemi nggak ada pengaruhnya sama perawatan," ujar Bro Njay.

Seperti bengkel pada umumnya, Bajay melayani servis rutin, seperti penyetelan karbu, setel valve, setel klep dan bongkar head. Urusan ongkos perawatan, Bro Njay mengaku terjangkau. Pengerjaan servis paling lama cuma satu jam.

Sumber: Otosia.com

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: